Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Daya Intiguna Yasa Tbk (MDIY), pengelola gerai ritel peralatan rumah tangga MR D.I.Y di Indonesia, mencatat sejumlah produk yang paling banyak dicari selama Ramadan tahun lalu melalui laporan Insight Ramadan.
Edwin Cheah, Direktur Utama MR D.I.Y. Indonesia, mengungkapkan bahwa laporan Insight Ramadan memberikan gambaran tren belanja ritel peralatan rumah tangga.
Laporan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi publik dan industri dalam memahami pola konsumsi selama bulan suci.
"Kami mempersembahkan laporan ini dengan berbasis data yang menunjukkan bahwa MR D.I.Y. menjadi destinasi belanja andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan," ujarnya pada Kamis (6/3).
Baca Juga: Habis Buka Toko ke-1.000, MR DIY Menggelar Lomba Lari
Tren Produk Paling Dicari Selama Ramadan
Edwin menyebutkan bahwa tiga produk yang paling sering dibeli selama Ramadan 2024 adalah kertas kado, bantal leher, serta peralatan pecah belah seperti piring dan gelas yang digunakan untuk menyajikan kudapan.
Ia menjelaskan bahwa Ramadan identik dengan tradisi saling mengirimkan hampers atau hadiah kepada kerabat.
Data menunjukkan bahwa masyarakat gemar mempercantik hampers mereka dengan kertas kado dari MR D.I.Y.
"Selain itu, bantal leher dari MR D.I.Y. juga menjadi pilihan utama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan jauh, mengingat mudik merupakan budaya khas masyarakat Indonesia. Sementara itu, perlengkapan pecah belah seperti piring dan gelas banyak digunakan untuk menyajikan hidangan berbuka dan sahur bersama keluarga," tambahnya.
Baca Juga: Buka Toko ke-1000, MR. DIY Hadirkan Gerai Baru di Bulukumba
Prediksi Tren Belanja Ramadan 2025
Berdasarkan data tersebut, MR D.I.Y. Indonesia memprediksi bahwa tren belanja peralatan rumah tangga selama Ramadan 2025 akan didominasi oleh produk-produk yang lebih fungsional.
Berbagai pernak-pernik dekorasi Lebaran, sandal, sarung, hingga amplop diperkirakan akan semakin diminati untuk menambah semarak perayaan Idulfitri.
Selain itu, peralatan pecah belah seperti toples, mangkuk, dan wadah makanan diprediksi tetap menjadi barang yang paling dicari oleh konsumen di momen Ramadan mendatang.
Baca Juga: MR DIY (MDIY) Jadi Pendatang Terbaru di BEI, Targetkan 1.000 Gerai Tahun Depan
Kategori Produk Paling Diminati
Edwin juga mengungkapkan bahwa terdapat tiga kategori produk yang paling diminati pelanggan selama Ramadan, yaitu Alat Rumah Tangga, Hadiah, serta Perhiasan & Kosmetik.
Kenaikan permintaan pada kategori ini sejalan dengan berbagai tradisi selama bulan puasa.
"Beragam hidangan khas Ramadan membuat banyak keluarga membutuhkan perangkat rumah tangga seperti wadah makanan, piring, dan mangkuk. Selain itu, momen Ramadan juga identik dengan pemberian hadiah kepada kolega atau orang tercinta. Sementara itu, perhiasan dan kosmetik menjadi pelengkap utama dalam berbagai acara buka bersama dan pertemuan keluarga menjelang Lebaran," jelasnya.
Dari sisi kategori produk, MR D.I.Y. Indonesia memperkirakan tidak akan terjadi pergeseran besar dalam tren belanja.
Baca Juga: MR DIY (MDIY) Patok Harga IPO Rp 1.650, Potensi Raup Dana Segar Rp 4,15 Triliun
Namun, permintaan terhadap Kategori Mainan Anak diprediksi akan meningkat, seiring dengan panjangnya libur Lebaran yang berlangsung selama sepuluh hari, dari 29 Maret hingga 7 April 2025.
"Kami melihat bahwa dengan adanya libur Lebaran yang cukup panjang, produk mainan anak akan semakin diminati sebagai sarana hiburan bagi keluarga selama masa liburan," pungkas Edwin.
Selanjutnya: Setoran Pajak Januari 2025 di Beberapa Wilayah Anjlok
Menarik Dibaca: Ini Langkah Praktis Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu ATM dengan Aman
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News