Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Daya Intiguna Yasa Tbk [“Perseroan” atau “MR.D.I.Y. Indonesia”, IDX: MDIY] mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada kuartal pertama 2025 (Q1 2025). Pendapatan meningkat 57% year on year (YoY) mencapai Rp1,8 triliun, didorong oleh peningkatan jumlah transaksi dan ekspansi toko baru yang berkelanjutan.
Laba bersih naik 160% YoY hingga Rp226 miliar dengan peningkatan margin laba setelah pajak sebesar 5,0 pp. ke level 12,5%, mencerminkan keberhasilan Perseroan dalam meningkatkan efisiensi dan optimalisasi margin. Margin laba kotor turut menguat menjadi 56%, hasil dari upaya pengoptimalan operasional yang berkelanjutan.
Di tengah kondisi makroekonomi yang dinamis, MR.D.I.Y. Indonesia terus menunjukkan ketangguhan bisnis dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba yang solid. Hal ini mencerminkan strategi, model bisnis, serta kemampuan beradaptasi Perseroan menghadapi iklim industri ritel yang dinamis.
“Kami memasuki tahun 2025 dengan momentum kuat, berkat implementasi strategi bisnis yang disiplin dan ekspansi yang dijalankan secara strategis. Seiring dengan bertumbuhnya jangkauan kami di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah dengan akses terbatas terhadap layanan ritel modern, kami tetap berkomitmen untuk memberikan nilai tambah, aksesibilitas serta dampak positif jangka panjang kepada lebih banyak keluarga di Indonesia,” ujar Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia.
Baca Juga: MR DIY Prediksi 3 Produk yang Dicari Pelanggan Ritel Selama Ramadan 2025
Ekspansi Strategis, Prioritaskan Aksesibilitas Pelanggan
MR.D.I.Y. Indonesia mencatatkan pencapaian monumental atas dibukanya toko ke 1.000 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Februari 2025. Dengan tambahan 63 toko baru pada Q1 2025, jumlah toko MR.D.I.Y. Indonesia yang beroperasi mencapai 1.021 toko. Capaian ini memastikan perusahaan telah di jalur yang tepat untuk mencapai target setidaknya 270 toko baru pada 2025.
Dalam melakukan ekspansi, MR.D.I.Y. Indonesia berfokus pada peningkatan aksesibilitas dengan memprioritaskan wilayah yang belum terlayani, termasuk kota - kota tier 2 dan 3, untuk memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap perlengkapan rumah tangga yang lengkap dan berkualitas.
Dengan tingkat penetrasi industri yang masih rendah serta luasnya potensi pasar di sejumlah wilayah, MR.DI.Y. Indonesia melihat peluang besar untuk terus melakukan ekspansi, guna memperkuat arah pertumbuhan jangka panjang perseroan.
Seiring pertumbuhan jumlah toko, MR.D.I.Y. Indonesia terus meningkatkan hubungan dan interaksi aktif dengan pelanggan, termasuk memanfaatkan momentum penting seperti Ramadan dan Idulfitri, yang dicapai melalui penawaran produk dan layanan yang disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pelanggan. Upaya ini juga didukung oleh strategi promosi yang dikurasi serta peningkatan pengalaman berbelanja di setiap jaringan toko.
Fundamental Solid dan Pertumbuhan yang Bertanggung Jawab
MR.D.I.Y. Indonesia terus menunjukan kinerja operasional yang sehat. Perseroan mencatatkan pertumbuhan arus kas operasional sebesar 91% menjadi Rp304 miliar, menegaskan posisi likuiditas MR.D.I.Y. Indonesia yang solid.
“Kinerja keuangan kami merefleksikan kekuatan model bisnis serta kedisiplinan dalam eksekusinya. Pada Q1 2025 Perseroan mencatatkan gearing ratio yang sehat sebesar 0,4x dan Return On Equity (ROE) sebesar 34%, mencerminkan efektivitas pengelolaan modal serta profitabilitas berkelanjutan. Kami terus memperkuat rantai pasok dan produktivitas toko untuk memastikan pertumbuhan yang efisien sekaligus mempertahankan standar layanan,” tutur Rika Juniaty Tanzil, Chief Financial Officer MR.D.I.Y. Indonesia.
Sejalan dengan pencapaian bersejarah perseroan, MR.D.I.Y. Indonesia memperkuat komitmennya untuk memberikan dampak positif terhadap masyarakat melalui program “MR.D.I.Y. untuk Indonesia”. Program ini berfokus memberdayakan ekosistem, termasuk anak-anak, perempuan, mitra pemasok lokal dan lingkungan.
Bertepatan dengan pembukaan toko ke-1.000 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, MR.D.I.Y. Indonesia melaksanakan inisiatif pembersihan pantai (beach cleanup) di Bulukumba, Sulawesi Selatan dan MR.D.I.Y. Charity Run.
Inisiatif ini turut melibatkan komunitas lokal yang bergerak di bidang kesehatan dan keberlanjutan. Tak hanya itu, MR.D.I.Y. Indonesia juga menjadi peritel Indonesia pertama yang bergabung dalam United Nations (UN) Global Compact , bentuk komitmen mendalam terhadap prinsip keberlanjutan dan tata kelola yang beretika.
Baca Juga: Habis Buka Toko ke-1.000, MR DIY Menggelar Lomba Lari
“Kami berkomitmen untuk terus tumbuh dengan bertanggung jawab. Kami berinvestasi pada upaya-upaya untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, yang turut berdampak pada masyarakat di tempat kami beroperasi, serta berkontribusi terhadap masa depan yang lebih berkelanjutan,” jelas Edwin.
Prospek ke Depan
Dengan rekam jejak kinerja yang konsisten dan solid, termasuk tingkat pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate atau CAGR) 3 tahun terakhir sebesar 42% untuk jumlah toko, 75% untuk pendapatan, dan 191% untuk laba setelah pajak, MR.D.I.Y. Indonesia terus memimpin industri ritel perlengkapan rumah di Indonesia, baik dari pertumbuhan maupun skalabilitas.
Perseroan tetap berkomitmen untuk memenuhi target untuk membuka setidaknya 270 toko baru selama 2025, di mana Perseroan telah berhasil membuka 63 toko baru pada kuartal 1 2025. Untuk merealisasikan target ini, Perseroan tetap berfokus pada penguatan operasional yang disiplin, meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, dan menjaga margin yang sehat.
Ditopang fundamental bisnis yang kuat dan eksekusi yang terukur, MR.D.I.Y. Indonesia akan tetap mampu mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai jangka panjang ke depan.
Baca Juga: Buka Toko ke-1000, MR. DIY Hadirkan Gerai Baru di Bulukumba
Selanjutnya: Asuransi Digital Bersama (YOII) Raih Pendapatan Premi Rp 110 Miliar di Kuartal I-2025
Menarik Dibaca: Cerah hingga Berawan, Simak Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (30/4)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News