kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mustika Ratu bidik pendapatan 30% dari properti


Minggu, 06 April 2014 / 17:01 WIB
Mustika Ratu bidik pendapatan 30% dari properti
ILUSTRASI. E-commerce Bukalapak.


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Bisnis properti, tampaknya,masih menjadi bisnis yang menjanjikan bagi beberapa perusahaan. Tak terkecuali bagi PT Mustika Ratu tbk (MRAT).

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan barang kebutuhan alat kecantikan seperti kosmetik, Mustika Ratu optimistis, bisnis properti bisa memberi kontribusi bagus pada pendapatan perusahaan.

Putri K. Wardhani, Direktur Utama MRAT mengatakan, ‘sister company’ Mustika Ratu, yaitu PT Mustika Princess Hotel sebelumnya sudah pernah terjun di bisnis properti.

Hal itu dilakukan jauh sebelum terjun ke bisnis pengelolaan Hotel dengan memiliki hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, dan usaha gedung perkantoran yang terletak di daerah Gatot Subroto Jakarta.

Karena itu, Mustika Ratu akan terus melebarkan sayap di bisnis properti. Kali ini, Mustika Ratu akan memanfaatkan asetnya berupa tanah seluas 10 hektar di daerah Cibitung Bekasi Barat, Jawa Barat, yang rencananya akan dibangun kompleks ruko, pergudangan dan apartemen.

Nilai investasi dengan asumsi sebelum kenaikan nilai tukar dollar AS dengan komposisi pendanaan mencapai Rp 192,3 miliar untuk konstruksi, dan Rp 70 miliar untuk investasi tanahnya.

Nantinya akan ada 133 gudang multiguna, 67 unit ruko, dan 181 unit apartemen dengan tipe-tipe studio, 1 kamar atau 2 kamar. Putri menjelaskan bahwa dana investasi sendiri sebagaian berasal dari dana internal dan sebagian lagi dari pinjaman.

“Semua unit akan terjual sebelum konstruksi selesai 100%. Kami targetkan secara asset dan revenue proyek ini memberi kontribusi 30%. Keuntungan bisa lebih dari itu. Saat ini kami sedang dalam tahap tender konsultan perencanaan, kami harap pembangunan dapat dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan.” ujar Putri K. Wardhani kepada KONTAN, Minggu (6/4).

Saat ini, Mustika juga sedang membangun hotel bintang tiga dan empat di Solo, Semarang dan Jakarta. Targetnya, hotel itu akan dioperasikan mulai tahun 2015 diawali dengan pembukaan hotel di Solo terlebih dahulu.

Konsep dari hotel ini adalah bergaya heritage, untuk solo sendiri akan dibangun diatas lahan 8.000 meter persegi  dengan 120-150 unit kamar.

Mustika berniat membuat jaringan hotel sendiri dengan menggunakan merek sediri pada setiap hotelnya dengan menggunakan ‘Mustika Ratu Hotel’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×