Sumber: otomotifnet.com | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Bentuknya memang masih mirip, tapi sesuai namanya All New Byson FI, hampir semua baru. Bukan cuma desainnya anyar dengan konsep diamond atau berlian tapi rangka hingga mesin juga baru. Yuk kita bandingkan dengan versi sebelumnya!
Di area mesin, kapasitas ruang bakarnya jadi lebih kecil yaitu 149,3 cc sedang yang lama 153 cc diperoleh dari aplikasi piston yang lebih kecil yaitu 57,3mm. Powernya juga jadi turun, beda hanya 0,7 PS saja.
"Powernya memang sedikit turun tapi bobotnya lebih ringan 3 kg, sehingga power to weight ratio-nya lebih baik. Akselerasinya juga lebih baik 1 detik dalam jarak 400 meter," beber M Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
"Sebenarnya penurunan kapasitas ruang bakar adalah kombinasi yang pas agar bisa lolos homologasi euro3 tanpa mengurangi performanya dan mendapatkan fuel consumption yang baik lebih irit hingga 18 persen dari versi karburator," jelas pria yang akrab dengan dunia balap ini.
Di area ruang bakar, ada penyempurnaan pada ruang bakar, profil camshaft atau noken as, fuel pump dan seting ECU. "Profil camshaft-nya juga berbeda dari versi India. Di India lebih kejar irit, sedang di Indonesia kita mau performannya juga tetap baik," beber Abidin.
Masuk ke area pengabutan bahan bakar. Sistem injeksinya mirip Yamaha New V-Ixion pakai throttle body 28mm dan injektor 6 lubang yang punya tekanan 250 kpa. Sensornya juga sama seperti V-Ixion.
Masuk ke rangka baru tipe diamond yang kini didesain lebih rigid dan kuat 12 persen dari versi sebelumnya. Bukan hanya itu, ground clereance-nya juga lebih tinggi 10 mm namun tinggi joknya tetap 790 mm.
Ban belakangnya kini juga sudah lebih lebar, jika sebelumnya pakai ukuran 120/70-17 kini naik satu tingkat jadi 130/70-17. Buat jalan jauh makin stabil nih, cocok buat yang suka turing. Sedang untuk suspensi ada revisi di sok belakang yang karakternya dibuat lebih lembut serta tetap mempertahankan sok depan yang memiliki diameter 41 mm.
Yang menarik bobotnya justru bisa disunat lebih ringan hingga 3 kg. Pangkas dari mana? "Magnetnya lebih ringan, lalu karburator yang beratnya sudah 1 kg sendiri sekarang tidak ada. Rangka barunya juga lebih ringan," rinci Abidin pada motor yang dijual Rp 21,65 juta on the road Jakarta ini.
Data lainnya silahkan lihat di tabel
Spesifikasi All New Byson FI :
Dimensi
P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda : 1.340mm
Jarak terendah ke tanah : 170mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 133kg
Kapasitas tangki bensin : 12L
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
Volume Silinder : 149,3 cc
Diameter x Langkah : 57,3mm x 57,9mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 13,06 /8000 rpm
Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : drum brake
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CPR8EA-9
Spesifikasi Byson Karbu
Dimensi
P x L x T (mm) : 2.075x780x1.045
Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
Berat : 137 kg
Kapasitas tangki Bensin : 12 Liter
Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Volume Silinder : 153cc
Perbandingan Kompresi : 9,5:1
Daya Maksimum : 13,73 PS/ 7.500 rpm
Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6000 rpm
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Rangka
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun
Ban Depan : 100/80-17MC 52P
Ban Belakang : 120/70-17MC 58P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
(Popo)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News