kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ninja Xpress catatkan pertumbuhan hingga 80% pada semester pertama 2021


Sabtu, 21 Agustus 2021 / 16:25 WIB
Ninja Xpress catatkan pertumbuhan hingga 80% pada semester pertama 2021
ILUSTRASI. Ninja Xpress Andalkan Layanan Ninja Same Day Delivery dengan Service Level Agreement (SLA) super cepat dan tarif flat serta opsi pengiriman bebas repot.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya kebutuhan logistik di tengah pandemi covid-19 mendongkrak kinerja penyedia jasa pengiriman cepat, tak terkecuali bagi Ninja Xpress. Salah satu penyedia layanan logistik last mile ini mencatatkan jumlah pengiriman paket lebih dari 110 juta paket dengan pertumbuhan kinerja yang signifikan pada semester pertama 2021.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengungkapkan, sepanjang semester pertama 2021 pengiriman Ninja Xpress meningkat lebih dari 80% dibandingkan semester pertama 2020. Dia optimistis jasa logistik akan terus memegang peranan penting sebagai penghubung di tengah kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari 17.499 pulau. 

"Untuk itu, kami selalu fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang optimal untuk konsumen dan memberikan dukungan bagi UKM selaku shipper kami melalui berbagai program. Berkat kerjasama yang baik dengan seluruh pihak, Ninja Xpress memperoleh pencapaian yang baik pada semester 1 tahun 2021," kata Andi dalam siaran pers, Sabtu (21/8).

Baca Juga: Praktisi hukum menilai merger Gojek-Tokopedia tidak menimbulkan monopoli

Andi membeberkan, pada semester pertama 2021 tujuan pengiriman Ninja Xpress terbanyak berada di Jakarta (26%), Jawa Barat (22%), dan Jawa Tengah (6%) dan sisanya tersebar di seluruh Indonesia. Begitupun dengan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (44%), Jawa Barat (35%), dan Jawa Tengah (13%). 

Dibanding dengan semester pertama 2020, Ninja Xpress mencatatkan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (69%), Jawa Barat (20%), dan Jawa Timur (6%). Dengan adanya pergeseran persentase pengiriman terpusat dari dan menuju Jakarta, diharapkan adanya pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

Adapun lonjakan pengiriman juga terjadi di masa PPKM Darurat. Adanya keterbatasan mobilitas membuat logistik kembali memegang peranan penting. Ninja Xpress mencatatkan adanya permintaan pengiriman lebih dari 15 juta  paket selama masa PPKM Darurat diberlakukan yang didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (paker yang berukuran maksimal 20x11x7cm) yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fesyen seperti baju, jam tangan, kacamata dan lainnya.

Baca Juga: Pengiriman barang melesat, Ninja Xpress fokus tingkatkan layanan dan inovasi

Sedangkan kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20cm). "Ninja Xpress memastikan memberikan pelayanan maksimal yang dibuktikan melalui succes rate sebesar 98% untuk pengantaran ke seluruh Indonesia," sambung Andi.

Dia menambahkan, UKM yang terdaftar di dalam Ninja Rewards dan mengalami peningkatan signifikan selama PPKM darurat tercatat berasal dari wilayah Kab. Banyumas, Kota Jakarta Barat, Kota Cirebon, dan Kota Surabaya dengan rata-rata berjualan pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan skin care.

Peningkatan di semester pertama 2021 mendorong Ninja Xpress untuk semakin mendukung pelaku UKM. Salah satunya melalui Creative Hub, sebuah showroom untuk mendukung UKM menghasilkan materi promosi produk dalam bentuk menarik dan profesional dengan layanan seperti foto produk gratis, iklan di media sosial, kolaborasi gratis bersama para influencer, hingga manajemen konten media sosial.

Saat ini, Creative Hub sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta. "Kami sangat memperhatikan program Creative Hub yang sudah ada di beberapa kota tersebut, untuk membantu pelaku UKM dalam meningkatkan bisnis. Saya berharap pelaku UKM dapat memanfaatkan dengan maksimal. Kami berharap untuk bisa menghadirkan Creative Hub di berbagai kota lainnya,” pungkas Andi.

Baca Juga: Ada pandemi, Ninja Xpress kirim lebih dari 150 juta paket sepanjang 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×