kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ninja Xpress dan Kamibox Telah Daur Ulang 160.000 Ton Sampah Sejak 2020


Senin, 25 Juli 2022 / 10:21 WIB
Ninja Xpress dan Kamibox Telah Daur Ulang 160.000 Ton Sampah Sejak 2020
ILUSTRASI. Ninja Xpress bersama Kamibox berhasil mengumpulkan hingga 160 ton sampah kardus dan karung untuk didaur ulang sejak 2020 lalu.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai wujud nyata dalam mendukung aktivitas e-commerce yang bertanggung jawab dan siap membantu dengan menjadi bagian dari solusi permasalahan jumlah sampah yang semakin meningkat, Ninja Xpress bersama Kamibox berhasil mengumpulkan hingga 160.000 kilogram (kg) sampah kardus dan karung untuk didaur ulang sejak 2020 lalu.

Menurut data Kamibox, upaya pengumpulan dan pendaurulangan sampah yang dilakukan berkat kerja sama ini diperkirakan telah memberikan dampak positif terhadap penyelamatan lebih dari 400 pohon, pengurangan sekitar 400 ton gas CO2, pengurangan kebutuhan lebih dari 20.000 meter kubik lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), penghematan sekitar 900.000 kWh energi, dan penghematan 11.000 kiloliter air.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat, sampah nasional Indonesia pada 2021 telah mencapai 68,5 ton. Sementara itu pada 2020, studi yang dilakukan Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukan bahwa kegiatan belanja online mayoritas warga Jabodetabek selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work from Home (WFH) meningkat dari 1 hingga 5 kali dalam sebulan menjadi satu hingga 10 kali dalam sebulan.

Baca Juga: Ninja Xpress Catatkan Peningkatan Dua Kali Lipat Pengiriman Barang Selama 2021

Melihat peningkatan jumlah sampah ini, CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, Ninja Xpress menyadari bahwa ada dampak dari aktivitas e-commerce terhadap lingkungan yang tidak bisa diabaikan.

"Maka dari itu sejak 2020, Ninja Xpress sudah memulai membantu pengurangan sampah tersebut bersama Kamibox. Kini kami mengimbau agar para UKM atau shipper maupun shopper juga turut berkontribusi dalam pengurangan sampah rumah tangga hasil dari belanja online," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Minggu (24/7).

Dalam sekali penjemputan ke gudang Ninja Xpress yang dilakukan setiap minggu, Kamibox dapat mengangkut sekitar 500 kg - 800 kg sampah kardus dan karung. Sampah yang terkumpul kemudian akan dikirimkan ke pabrik daur ulang untuk diproduksi menjadi lembaran kardus atau karung baru lagi. Kamibox hingga saat ini sudah bekerja sama dengan tiga hingga empat pabrik daur ulang yang ada di Jakarta untuk mengolah sampah-sampah tersebut.

Lie Mangkusatya, Director Kamibox menyatakan apresiasinya terhadap Ninja Xpress. Pihak Kamibox sangat senang sekali Ninja Xpress sudah bertanggung jawab dan siap membantu untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengambil langkah pengurangan sampah yang berkelanjutan.

"Dengan kerja sama ini maka sampah yang masuk ke TPA akan berkurang, apalagi daya tampung TPA kian hari makin terbatas," imbuh dia.

Bagi UKM atau shipper dan shopper Ninja Xpress yang ingin turut berkontribusi dalam mengurangi sampah rumah tangga, Kamibox menerima sampah berupa kardus, karung, kertas, plastik, botol kaca, hingga minyak jelantah. Sejauh ini penjemputan baru dapat dilakukan di area Jakarta dan sebagian Tangerang dengan minimal berat 50 kg atau sampah dapat diantar langsung tanpa berat minimal ke gudang Kamibox di Jakarta Barat.

Baca Juga: Ninja Xpress akan Terus Ekspansi Penambahan Gudang Hingga Mesin Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×