Reporter: Namira Daufina | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Tidak ingin ketinggalan dari produsen cat lainnya, PT Nipsea Paint and Chemicals atau Nippon Paint Indonesia September 2014 lalu merilis produk terbarunya. Tidak hanya produk baru namun juga lini produksi baru yang diberi label kategori enhancer.
Menurut Irena Josoeb, Head of Marketing Nippon Paint saat ini enhancer masih hanya untuk memperkaya pilihan konsumen. "Namanya Nippon Momento Special Effect Paint," jelasnya, kepada KONTAN, Rabu (8/10).
Masuk ke dalam jenis produk Nippon Momento, produk terbaru ini adalah bagian dari produk Nippon Paint yang menyasar segmen premium. Yang mana memang konsumen Nippon Paint Indonesia sekitar 20% berasal dari kalangan premium, sedangkan sisanya 80% berasa dari kalangan menengah ke atas.
Salah satu alasan Nippon Paint Indonesia menghadirkan produk ini untuk menunjang penjualan dari sisi repainting. "Ini kan sifatnya lebih kepada menambah dan mempercantik cat yang sudah ada, jadi mendongkrak penjualan sisi repainting," jelas Irena.
Saat ini penjualan Nippon Paint Indonesia mayoritas atau setara dengan 70% ditopang oleh repainting. Sisanya 30% baru dari penjualan cat awal.
Jika produk Nippon Momento ini berasal dari kategori cat dekoratif, maka untuk cat industrial, Nippon Paint Indonesia masih mengandalkan produk inovasinya yakni Mesin Tinting.
"Lebih berguna untuk korporasi terutama kontraktor dan arsitektur," papar Irena. Nippon Paint lewat Nipon Momento dan Mesin Tinting mengklaim bahwa masih yang terdepan dan belum memiliki pesaing langsung di pasar.
Aplikasinya dilakukan dalam hal warna dan pemanfaatan cat itu sendiri. "Sekarang ini zaman cat beyond colours, bukan lagi cat polos atau warna tunggal," papar Irena.
Menurutnya, ketika Nippon Paint Indonesia hadir lewat mesin tinting tadi, cat bisa diaplikasikan di keramik, lantai dan kayu serta perpaduan warna apapun dapat dilakukan. Produk ini lantas menjadi primadona korporasi.
"Inovasi dan produk yang unik adalah andalan," tambah Irena yang diakuinya sebagai strategi Nippon Paint untuk tetap bertahan di pasar produsen cat.
Ditambah lagi, Nippon Paint Indonesia turun langsung berhubungan dengan ritel dan distributornya di tanah air. Hal ini menurut Irena menjadi pembedanya dibanding pesaing lain di pasar cat yang menggunakan pihak ketiga untuk berhubungan dengan distributornya. Dengan berhubungan langsung, kualitas dan service Nippon Paint tetap dapat terjaga dan terus unggul di pasar.
Untuk menunjang produksi dan distribusinya ke seluruh Indonesia, Nippon Paint telah memiliki empat pabrik yang berlokasi di Medan, Jakarta, Surabaya dan Purwakarta. Melalui kinerja produksi empat pabrik yang ada, Nippon Paint Indonesia sudah menyebar distribusi ke 35 titik di seluruh Indonesia.
Sebagai tambahan informasi, tahun lalu 70% pendapatan Nippon Paint Indonesia disumbang oleh produk dekoratif atau setara US$250 juta. Yang mana saat ini kedudukannya sudah berubah. Produk industri sudah bisa mengejar ketertinggalan itu. "Sekarang berimbang ya 50%-50%," jelas Irena.
Meski enggan merinci target pendapatan hingga akhir 2014, Irena mengakui bahwa Nippon Paint Indonesia memasang target pertumbuhan pendapatan meningkat sekitar 20% dari pendapatan tahun lalu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News