Reporter: Ruhut Parulian Ambarita | Editor: Test Test
JAKARTA. Setelah sekian lama malang melintang di pasar cat menengah, produsen cat asal Jepang Nippon Paint bakal menggarap pasar cat premium di Indonesia.
General Manager Nippon Paint Jon Tan mengatakan, masuknya mereka ke pasar premium itu karena Nippon Paint tergiur dengan pertumbuhan pasar cat premium di Indonesia yang cukup tinggi. Selain itu, Tan melanjutkan, setelah melakukan survei konsumen yang cukup panjang ternyata ada hasil yang menyipulkan bahwa masih ada beberapa kebolongan di produk-produk cat premium di Indonesia. Konsumen masih kuatir dengan performa cat premiun saat ini kualitasnya tak begitu bagus, beberapa tidak tahan lama dan tidak antinoda.
Meski kehadiran Nippon Paint di pasar cat premium boleh dibilang terlambat, namun Tan merasa yakin mereka bakal mendominasi. "Saat ini kami hanya kebagian pasar cuma 5%," kata Tan di Jakarta hari ini (11/06). Nah, kedepannya mereka berharap bisa mendominasi. Salah satu caranya dengan mengeluarkan produk baru yang bertajuk Spot-less. Tan berharap angka penjualan produk ini bisa menembus Rp 137,7 miliar setiap tahun yang berarti bisa meningkatkan market share mereka.
Nah, untuk mencapai target penjualan, Nippon Paint bakal menggelontorkan dana sebesar US$ 5 juta atau Rp 50 miliar setiap tahunnya hanya untuk biaya iklan. Selain itu, mereka juga akan ekspansi ke berbagai jaringan distribusi dengan penawaran harga yang kompetitif. Saat ini Nippon Paint memiliki 300 diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama ini, merek-merek cat Nippon Paint yang banyak dikenal masyarakat, antara lain Vinilex, Pylox dan Matex.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News