kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Normalkan 2.485 gardu distribusi, PLN pastikan kelistrikan Jakarta dan Banten


Kamis, 27 Februari 2020 / 18:00 WIB
Normalkan 2.485 gardu distribusi, PLN pastikan kelistrikan Jakarta dan Banten
ILUSTRASI. Gardu Induk di Jakarta dan Banten sudah mulai normal pasca banjir di awal pekan ini


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasca pengamanan pasokan listrik yang dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada saat terjadinya banjir 25-26 Februari 2020, seluruh gardu distribusi yang ada di wilayah DKI Jakarta dan Banten telah 100% dinormalkan PLN pada Kamis (27/2).

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, dari 2.510 gardu terdampak di Jakarta, Banten dan Jawa Barat (Jabar), PLN telah menormalkan 2.485 gardu. "Alhamdulillah listrik di Jakarta dan Banten sudah normal 100%, setelah kami pastikan seluruh wilayah aman dari banjir.

Terpantau pukul 15.00 WIB, gardu yang belum beroperasi tinggal 25 gardu distribusi dan keseluruhannya berada di wilayah Jabar," kata Made melalui keterangan tertulisnya, Kamis (27/2).

Baca Juga: PLN: 1.790 gardu terdampak banjir kembali menyala

Made menjelaskan, dalam proses penormalan listrik pasca banjir di DKI Jakarta, Jabar dan Banten, PLN telah mengerahkan 2.383 personil untuk rutin melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

Made menyebut, PLN akan menyalakan aliran listrik jika gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan telah dipastikan aman, lalu dilakukan penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga juga aman. "Jadi jika wilayah tertentu belum dipastikan aman dari genangan air, maka aliran listriknya masih PLN amankan," sambungnya.

Sebelumnya akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik yang melanda sebagian DKI Jakarta, Jabar dan Banten, PLN melakukan pengamanan kelistrikan dengan cara tidak mengoperasikan sementara di sejumlah wilayah. Hal itu dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Baca Juga: Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) campurkan batubara dengan energi terbarukan di lima PLTU

Adapun untuk wilayah Jawa Barat, wilayah yang masih belum dinormalkan diantaranya adalah sebagian Cikarang, Bekasi, Karawang dan Purwakarta, diharapkan wilayah terdampak banjir tersebut dapat segera surut sehingga pasokan listrik dapat segera kembali normal di seluruh wilayah Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×