Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha mikro di Indonesia terus tumbuh positif, didorong kesadaran akan pentingnya edukasi dan kolaborasi. Berbagai inisiatif kini membantu pelaku usaha kecil mengatasi tantangan manajemen keuangan, pemasaran, dan adopsi teknologi.
Di tengah perubahan cepat era digital, rendahnya literasi digital dan akses pelatihan menjadi hambatan bagi banyak usaha mikro untuk berkembang. Namun, dukungan dari pemerintah, organisasi, dan sektor swasta mulai membuka peluang baru.
Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kadin menargetkan digitalisasi 30 juta UMKM melalui program layanan terpadu dan platform edukasi. Peran swasta juga vital mendukung UMKM go digital.
Olsera, sebagai penyedia sistem manajemen bisnis berbasis cloud, salah satu perusahaan swasta yang terlibat dalam mempercepat transformasi digital usaha mikro.Melalui produk unggulannya, perusahaan ini menawarkan berbagai fitur canggih yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan operasional UMKM tanpa membebani biaya tambahan.
Baca Juga: Dominasi E-commerce Asing Picu Kekhawatiran, Kadin DKI Dorong Regulasi Lindungi UMKM
Novendy Chen, CEO Olsera mengatakan, pihaknya konsistensi terlibat aktif dengan komunitas UMKM, baik secara daring maupun luring. Melalui berbagai program, Olsera berhasil menciptakan dampak positif yang nyata dalam mendampingi perjalanan bisnis pelaku usaha mikro.
“Kami percaya bahwa keberhasilan teknologi tidak hanya terletak pada kecanggihannya, tetapi juga pada seberapa dekat teknologi tersebut dapat menjawab kebutuhan pelaku usaha secara langsung,” ujar Novendy dalam keterangannya, Kamis (5/6).
Olsera menegaskan bahwa digitalisasi UMKM bukan sekadar soal kasir atau transaksi. Novendy bilang, Olsera hadir sebagai mitra end-to-end, dari penjualan, pembukuan, hingga manajemen stok dan pendanaan,” ujar Novendy. Komitmen ini membedakan Olsera dari banyak solusi digital lain di pasar.
Baca Juga: Dorong UMKM Lokal Makin Melek Digital
Kini, aplikasi Olsera digunakan oleh ratusan ribu pelaku usaha di lebih dari 500 kota dan kabupaten, mencakup sektor kuliner, ritel, hingga jasa. Sejalan dengan komitmennya mendukung UMKM, Olsera baru-baru inimeraih penghargaan Marketeers OMNI Brands of The Year 2025 untuk kategori Online-Offline Community Engagement.
Jonathan Christian Susanto, Head of Marketing Olsera, mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi dan memperkuat sinergi komunitas agar UMKM Indonesia makin maju.
Selanjutnya: Mendag Beberkan Alasan Mengapa Banyak Peritel Bertumbangan di Awal 2025
Menarik Dibaca: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 6 Juni 2025, Peruntungan Karier & Rejeki 12 Zodiak
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News