kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Online Travel Agent Mengalami Lonjakan Performa Bisnis, Ini Faktor Pendorongnya


Rabu, 24 April 2024 / 13:10 WIB
Online Travel Agent Mengalami Lonjakan Performa Bisnis, Ini Faktor Pendorongnya
ILUSTRASI. Online Travel Online (OTA) banjir transaksi untuk keperluan mudik dan liburan dalam momentum lebaran 2024.


Reporter: Muhamad Aghasy Putra | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Momentum libur lebaran telah usai, Online Travel Online (OTA) banjir transaksi untuk keperluan mudik dan liburan dalam momentum lebaran 2024.

Lonjakan performa dialami tiket.com dengan beberapa kenaikan pesanan di pelbagai sektor baik moda transportasi maupun akomodasi pariwisata. Pihaknya mengakui adanya lonjakan yang signifikan berkaca dari antusiasme yang tinggi di kalangan masyarakat dalam momentum ini.

Sandra Darmosumarto, Public Relations Sr. Manager tiket.com mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan dengan matang mudik dan libur lebar 2024 karena baginya ini adalah bentuk partisipasi untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan mudik dan liburan impian mereka.

Baca Juga: Tiket.com Luncurkan Tiket Green untuk Dukung Pariwisata Berkelanjutan

“Pada periode mudik dan libur Lebaran 2024, kami melihat lonjakan signifikan dalam performa bisnis tiket.com. Lonjakan ini tercermin dari antusiasme tinggi masyarakat dalam mempersiapkan liburan mudik, di mana momen ini menjadi momen yang telah dinanti-nantikan,” papar Sandra saat ditanya Kontan pada Rabu, (24/04).

Lonjakan performa ini juga terlihat dari hasil program promo tiket.com yaitu Tiket Hari Raya (THR), yang berlangsung sepanjang bulan Ramadan. Berdasarkan hasil THR 2024, kami mencatat peningkatan pemesanan pada transportasi sebesar 17,7%, akomodasi sebesar 49,4%, dan atraksi wisata sebesar 61,4% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Month-on-Month).

“Kami percaya bahwa para pengguna kami memilih tiket.com karena merasa produk yang ditawarkan sangat membantu kelancaran mereka dalam berwisata,” tutupnya.

Di sisi lain, Traveloka belum merampungkan data pemudik dan para turis yang menggunakan layanan agen travel online miliknya. Namun pihaknya mencatat bahwa beberapa tren yang terlihat seperti kenaikan pencarian tiket di berbagai jenis akomodasi.

Baca Juga: Pengusaha Hotel Terbebani Pajak Online Travel Agent Asing

Data internal Traveloka menunjukkan adanya lonjakan untuk pencarian transportasi, dengan pencarian tiket Pesawat untuk destinasi teratas seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Iko Putera, CEO of Transport Traveloka saat ditanya kontan pada Rabu, (24/04).

Lebih lanjut, iko mengatakan moda transportasi darat seperti Kereta Api, Bus & Travel juga masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian khususnya di wilayah lintas pulau Jawa. Adapun tren pencarian Bus & Travel untuk periode Lebaran meningkat sebanyak hampir 12 kali lipat dan Kereta Api meningkat sebanyak lebih dari 30 kali lipat MoM.

Peningkatan pencarian di sektor transportasi, diikuti dengan peningkatan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran yang mencapai lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” paparnya.

Traveloka juga mencatat peningkatan minat pencarian akomodasi di destinasi internasional pada periode minggu libur Lebaran hingga mencapai hampir 50%, dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Negara-negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Thailand, Vietnam dan Hong Kong menjadi menjadi tujuan utama selama libur Lebaran 2024.

Momentum libur Lebaran ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian untuk kategori taman wisata dan taman bermain hingga 2 kali lipat,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×