kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Operator seluler operasikan BTS di jalur mudik


Kamis, 18 Juni 2015 / 13:38 WIB
Operator seluler operasikan BTS di jalur mudik


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Operator seluler telah menyiapkan infrastruktur untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini. Para operator telah memasang sejumlah stasiun pemancar (BTS) di beberapa titik jalur mudik.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menggelar sejumlah 781 titik layanan yang berada di 393 jalur mudik dan 388 jalur wisata. Titik strategis tersebut meliputi public service seperti bandara dan stasiun kereta api di 200 titik, tempat ibadah di 124 titik, mall dan indoor di 296 titik, tempat wisata di 17 titik dan pusat keramaian di 144 titik.

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, Telkomsel telah siap dalam menghadapi lonjakan trafik layanan data. Program Telkomsel Siaga 2015 ini, kata dia, merupakan salah satu momentum pembuktian bagi Telkomsel.

"Untuk memaksimalkan layanan data di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel secara khusus akan menyiagakan sebanyak 62 unit Compact Mobile Base Station," kata Mas’ud dalam keterangan resminya, Kamis (18/6).

Begitu pun dengan PT XL Axiata Tbk (XL) yang juga telah menyiapkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Setidaknya 170 BTS yang telah dioperasikan untuk melayani masyarakat yang melintas dan berada di sekitar jalan tol terpanjang di Indonesia itu.

Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan, rata-rata kualitas jaringan di sepanjang tol sejauh 116,7 km itu separuhnya atau 50% telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara itu ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, akan terlayani oleh jaringan 2G.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik saat mudik, XL sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya adalah menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. "Selain itu, juga ada tambahan sedikitnya 22 BTS 3G yang akan siap melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran," katanya.

Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru lainnya, yaitu Tol Gempol – Pandaan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6 km tersebut, XL menempatkan sedikitnya 18 BTS. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya – Malang, yang selama ini dikenal dengan rawan macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×