kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Optimalkan bisnis logistik, AP I gandeng Pelita Air Service luncurkan pesawat kargo


Kamis, 04 Juni 2020 / 19:06 WIB
Optimalkan bisnis logistik, AP I gandeng Pelita Air Service luncurkan pesawat kargo
ILUSTRASI. Gerai PT Angkasa Pura Logistik di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo, DIY.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) melalui anak usahanya PT Angkasa Pura Logistik, menggandeng Pelita Air Service optimalkan penerbangan angkutan logistik. Kerja sama tersebut dilakukan dengan menyewa pesawat kargo tipe ATR 72-500F yang dimiliki PT Pelita Air Service untuk memaksimalkan peluang logistik.

Direktur Utama AP Logistik Danny P Thaharsyah menjelaskan, kolaborasi atau kerja sama dalam mengoptimalkan angkutan logistik ini, yakni dengan melakukan sewa atau charter jangka panjang untuk pesawat kargo tipe ATR 72-500F milik Pelita Air.

Baca Juga: Kurs rupiah batal melemah ditopang harapan perbaikan ekonomi setelah masa transisi

"Penandatanganan pengoperasian pesawat ATR 72-500F telah dilakukan di Bandara Halim. Untuk pesawat kedua diharapkan bisa beroperasi Juli mendatang. Dengan kedua armada ini juga diharapkan konektivitas menjadi lebih baik, apalagi saat ini kargo banyak yang tidak terjangkau. Kami pilih pesawat ini karena bisa melintas di runway 1.500 m (kecil)," ujar Dhanny dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/6).

Dhanny mengatakan, AP Logistik mengoperasikan dua armada pesawat kargo ATR 72-500F dan ini merupakan serah terima pesawat kedua. Sebelumnya serah terima pesawat pertama dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma yang sudah beroperasi sejak 14 April 2020.

"Pesawat kedua ini akan beroperasi pada Juli 2020 dengan frekuensi lima kali dalam seminggu, dengan rute Banjarmasin-Surabaya-Jakarta tiga kali dalam seminggu, dan Jakarta-Batam-Jakarta dua kali seminggu," kata Dhanny.

Ia menyampaikan, dengan adanya dua armada baru pesawat khusus angkutan kargo ini, diharapkan dalam menambah konektivitas pengiriman kargo dan menjangkau tempat yang selama ini sulit dijangkau pesawat besar bermesin jet.

Baca Juga: Ini strategi GMF AeroAsia dongkrak kinerja di tengah pandemi Covid-19

"Pesawat ATR 72-500F ini bisa masuk ke bandara-bandara yang landasan pacunya tidak terlalu panjang sehingga diharapkan kargo bisa maksimal. Karena kita tahu pada beberapa wilayah, landasan pacunya cukup pendek. Pesawat ini bisa menggunakan landasan pacu dengan panjang sekira 1.500 meter," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, langkah ini dapat mendongkrak kinerja bisnis logistik perusahaan yang selama ini mengangkut logistik berdasarkan penerbangan penumpang. "Kargo udara sangat tergantung dengan penerbangan penumpang reguler, kalau cancelled akan sulit kirim kargo," kata Faik.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×