Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) menargetkan peningkatan penjualan sebesar 10%-15% selama tahun 2023.
Optimisme itu hadir lantaran mulai adanya pemulihan ekonomi di Amerika Serikat sebagai salah satu pasar utama penjualan perseroan.
“Perseroan menargetkan untuk mampu kembali meningkatkan penjualan di tahun 2023,” ungkap Sekretaris Perusahaan PMMP Christian Jonathan Sutanto, dalam siaran pers, Selasa (6/5).
Baca Juga: Pendapatan Turun 9,3% pada Kuartal I-2023, Begini Penjelasan Manajemen PMMP
Christian juga menyebutkan bahwa penjualan produk ke Jepang menunjukkan peningkatan yang sangat baik sejak awal tahun 2023. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan para buyer seiring dengan mulai dibukanya kembali pintu bagi para turis untuk berkunjung ke Jepang.
Menurutnya, kondisi di atas menjadi pendorong pemulihan industri pariwisata Jepang, sehingga berdampak pada peningkatan permintaan para buyer PMMP yang berada di Negara tersebut.
“Namun, kendala kenaikan beban angkut masih menjadi tantangan bagi Perseroan untuk mampu menjaga tingkat profitabilitas Perseroan,” tambahnya.
Pada tahun ini PMMP juga berencana mengembangkan produk baru dengan menambahkan produk Alaskan Fish ke dalam portofolio penjualan Perseroan.
Saat ini PMMP sedang tahap awal menjajaki produk baru, yakni Alaskan Fish, yang rencananya akan diproduksi di pabrik terbaru milik perseroan.
Mengutip Laporan Keuangan Audit Perseroan tahun 2022, PMMP mampu mencatatkan penjualan bersih sebesar US$ 190,7 juta, atau meningkat 8,5% secara YoY dari tahun sebelumnya yang sebesar US$ 175,8 juta.
Dari sisi bottom line, PMMP mampu mencatatkan Laba Bersih sebesar US$ 7,5 juta selama tahun 2022. Capaian ini menurun jika dibandingkan dengan pencapaian laba bersih Perseroan tahun 2021 sebesar US$ 9,2 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News