kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi mendorong peningkatan transaksi online brand lokal


Kamis, 03 Desember 2020 / 07:56 WIB
Pandemi mendorong peningkatan transaksi online brand lokal
ILUSTRASI. Anugerah Mendekor Tak Ingin Ekspansi Gerai. foto dok.Mendekor.com


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat Indonesia menghabiskan jauh lebih banyak waktu di rumah. Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, masyarakat cenderung terbiasa melakukan semuanya secara online dari rumah sendiri, mulai dari bekerja, belajar, memasak, hiburan, dan menjalankan hobi.

Ini menyebabkan munculnya sebuah tren ritel baru, dimana semakin banyak orang merenovasi atau mendekorasi rumah agar menjadi hunian yang lebih nyaman.

Tren ini terbukti dari riset Insights SIRCLO, yang menunjukkan peningkatan permintaan konsisten terhadap barang-barang kebutuhan rumah semenjak bulan Februari 2020. Marketplace Tokopedia pun mencatat transaksi kategori perabotan meningkat hampir 2 kali lipat selama pandemi.

Peningkatan transaksi juga terjadi pada brand-brand perabotan lokal yang sudah memiliki website bisnis. Berikut lima di antaranya yang membagikan pengalaman peningkatan penjualan ketika pandemi setelah go online berdasarkan hasil riset yang dirilis, Kamis (2/12).

1. Mendekor

Mendekor merupakan salah satu brand perabotan lokal yang menjunjung nilai sociopreneurship dengan memberdayakan puluhan pengrajin lokal di 9 kota Indonesia. Selama pandemi, mereka mencatat pertumbuhan drastis, di mana penjualannya meningkat hingga 100% melalui transaksi online.

Baca Juga: Sirclo hadirkan vitur chat via Whatsapp

Brian Karno Jan, Founder dan Direktur Mendekor, mengaku bahwa strategi online Mendekor sangat terbantu dengan adanya website resmi. “Awalnya, kami sempat mencoba membuat website sendiri, tapi ternyata sangat rumit karena harga yang mahal, kustomisasi yang ribet, hingga banyak bug”, jelasnya.

“Kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan layanan SIRCLO Store, dimana kami bisa membuat website, mengelola pesanan dengan lebih mudah dan menyelesaikan transaksi dengan aman. Website yang dibuat kami gunakan hingga sekarang untuk membangun portofolio produk, branding perusahaan, hingga kegiatan dan promo terbaru,” ungkapnya.

2. Megallery Homegoods

Megallery Homegoods yang berbasis di Bandung juga mengembangkan website-nya dengan fitur yang lebih lengkap. Jika awalnya hanya digunakan sebagai katalog, tahun ini fungsi website Megallery telah dilengkapi dengan fitur transaksi, sehingga memudahkan pembeli untuk mencari produk-produk dekorasi rumah yang mereka inginkan dengan produk Homegoods berupa rugs bertema Bohemian dan Farm House.

“Sejak saat itu, kami merasakan adanya kenaikan penjualan, terutama karena kami bisa merapikan berbagai kategori produk yang kami miliki. SIRCLO juga telah merancang akses pengeditan website yang sangat mudah dan tampilan website yang responsif ketika diakses melalui smartphone,” kata Mega, Founder & CEO Megallery Homegoods.




TERBARU

[X]
×