kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   44.000   2,35%
  • USD/IDR 16.400   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.142   47,86   0,67%
  • KOMPAS100 1.041   10,44   1,01%
  • LQ45 812   9,62   1,20%
  • ISSI 224   0,88   0,39%
  • IDX30 424   4,46   1,06%
  • IDXHIDIV20 504   1,88   0,37%
  • IDX80 117   1,34   1,15%
  • IDXV30 119   0,16   0,14%
  • IDXQ30 139   1,43   1,04%

Pangsa pasar android kian merajalela


Rabu, 21 November 2012 / 16:07 WIB
Pangsa pasar android kian merajalela
ILUSTRASI. Pabrik Martina Berto di Sukaresmi, Cikarang.


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Android merajai pasar mobile phone di Indonesia. Bagaimana tidak? Dari keseluruhan penjualan perangkat ponsel di Indonesia, android memboyong pangsa pasar sebesar 64% pada kuartal III 2012.

"Android akan terus tumbuh," kata Darwin Lie, Associate Market Analyst Market Analyst for Client Devices Research International Data Corporation (IDC) Indonesia di Jakarta, Rabu (21/11).

Perlu diketahui, IDC merupakan lembaga riset yang bergerak di bidang provider global, teknologi informasi, telekomunikasi, serta pasar konsumer teknologi yang berbasis di Amerika. Riset IDC sendiri berbasis pada unit pengapalan barang.

Berdasarkan data IDC kuartal III, total penetrasi ponsel di Indonesia mencapai 15,5 juta unit. Khusus ponsel cerdas mengambil persentase pasar sebesar 12,67%, yakni sekitar 2 juta unit. Jadi, dari 2 juta unit ponsel cerdas itu, android mengambil pasar 64%.

Perangkat ponsel cerdas berbasis android memang tumbuh pesat di Indonesia. Menurut Darwin, ghal tersebut didorong munculnya produsen ponsel yang memproduksi ponsel android yang harganya di bawah Rp 1 juta per unit.

"Bahkan sekarang sudah ada ponsel android seharga Rp 600.000. Ini menyebabkan trend android akan terus tumbuh dibandingkan sistem operasi lain," tegas Darwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×