Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif nasional masih berada dalam tahap pemulihan dan belum menunjukkan tren kenaikan yang signifikan. Meski begitu, Daihatsu berhasil memperkuat penguasaan pangsa pasar alias market share-nya.
Pada bulan Agustus 2020 lalu, penjualan dari pabrikan ke diler alias wholesales mobil Daihatsu melesat lebih dari 4 kali lipat dari semula 1.553 unit di bulan Juli 2020 menjadi 6.651 unit pada bulan Agustus 2020.
Dengan capaian tersebut, akumulasi wholesales Daihatsu selama Januari - Agustus 2020 mencapai 57.978 unit atau setara dengan 17,9% dari total wholesales di periode sama yang berada di kisaran 320.000 unit. Capaian market share tersebut naik bila dibandingkan dengan market share wholesales Daihatsu di periode sama tahun lalu yang tercatat sebesar 17,4%.
Sejalan dengan capaian wholesales, market share Daihatsu pada sisi penjualan ritel alias penjualan dari diler ke konsumen juga melebar. Asal tahu, penjualan ritel Daihatsu di bulan Agustus 2020 naik 7% secara bulanan dari semula 5.890 unit di bulan Juli 2020 menjadi 6.300 unit di bulan Agustus 2020.
Baca Juga: Jaga protokol kesehatan, Astra Daihatsu Motor buat aplikasi untuk monitor karyawan
Dengan capain ini, akumulasi penjualan ritel Daihatsu di sepanjang Januari - Agusuts 2020 mencapai 65.767 unit, setara dengan kurang lebih 18,1% dari total penjualan ritel nasional yang tercatat sekitar 360.000 unit. Angka market share tersebut lebih besar bila dibanding market share penjualan ritel Daihatsu yang hanya mencapai 16,9% pada periode sama tahun lalu.
Selama periode Januari - Agustus 2020, penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, atau setara dengan 27,6% dari total penjualan, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 unit (15,0%).
Ke depan, Daihatsu mengharapkan adanya dukungan dari pelanggan dan masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di tengah implementasi PSBB Total di tahap kedua mendatang.
“Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (11/9).
Selanjutnya: Deretan diskon harga mobil baru LCGC September Agya, Ayla, Brio, Sigra, Wagon R, dll
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News