kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pasar kamera mirrorless kian gurih


Rabu, 20 November 2019 / 22:41 WIB
Pasar kamera mirrorless kian gurih
ILUSTRASI. Distributor resmi Leica Camera AG, Leica Store Jakarta mengumumkan peluncuran Leica SL 2, Jakarta, Rabu (20/11)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamera mirrorless tampaknya kian gurih. Seiring dengan hal tersebut, para produsen kamera berbondong-bondong terus menggarap segmen kamera yang dianggap menjanjikan tersebut.

Senior Divison Manager PT Datascrip (distributor tunggal produk pencitraan digital Canon), Sintra Wong mengatakan bahwa Canon akan terus memperbesar porsi penjualan segmen kamera mirror less pada total penjualan kamera hingga sebesar 70%-80% dalam beberapa tahun mendatang.

Selagi hal tersebut dilakukan, penjualan segmen kamera lain seperti LSR dan Compact akan terus dilakukan dengan menyasar segmen pasar profesional saja.

Baca Juga: Menguasai pangsa pasar terbesar, begini strategi OPPO Indonesia

Saat ini, segmen kamera mirrorless sendiri berkontribusi sekitar 30%-40% dalam total penjualan kamera Canon di Indonesia. Sementara itu sebanyak 60%-70% sisa penjualan masih disumbang oleh segmen SLR dan Compact.

Menurut Sintra, pasar kamera mirror less memiliki potensi untuk terus bertumbuh dan menjadi jauh lebih besar dibanding segmen-segmen kamera lainnya. Hal ini didorong oleh adanya tren di masyarakat yang kini lebih menyukai kamera dengan kegunaan praktis.

“Kalau zaman dulu orang kepingin ngalungin kamera gede biar kelihatan profesional, tapi tren sekarang orang maunya yang lebih ringan dan praktis tapi kualitas lebih bagus,” ujar Sintra kepada Kontan.co.id, Rabu (20/11).

Baca Juga: Mulai diijual besok, versi body-only Leica SL 2 dibanderol Rp 103,4 juta

Selain itu, tingkat penetrasi kamera mirrorless yang masih terbilang rendah juga diyakini menjadi pendorong dari pertumbuhan pasar kamera mirrorless tersebut.

Saat ini, penguasaan pasar Canon di pasar mirrorless diklaim telah mencapai 30%. Raihan tersebut disebut-sebut menjadikan Canon dengan penguasaan pasar terbesar ketiga setelah dua brand  lain di pasar mirrorless.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×