kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,21   -13,97   -1.85%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar lesu, Ciputra Development (CTRA) akan fokus mengembangkan kluster baru


Rabu, 12 Agustus 2020 / 20:48 WIB
Pasar lesu, Ciputra Development (CTRA) akan fokus mengembangkan kluster baru
ILUSTRASI. Proyek Citra Garden City. Ciputra Development (CTRA) mencatatkan marketing sales sebesar Rp 2 triliun di semester I.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Properti masih lesu, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) belum akan meluncurkan proyek baru di semester II ini.

Direktur Independen Ciputra Development Tulus Santoso menyebutkan, dampak pandemi cukup memberi pengaruh pada kinerja perusahaan. "Tidak ada proyek baru. Mempertahankan yang eksisting saja struggle, semester I-2020 yoy minus 16%," ujar Tulus kepada kontan.co.id, Rabu (12/8).

Sekadar mengingatkan, sepanjang semester I emiten berkode saham CTRA di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mencatatkan marketing sales sebesar Rp 2 triliun. Realisasi tersebut turun 16,69% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 2,4 triliun.

Memasuki semester II, Tulus menyebut sejauh ini pasar juga belum pulih. "Masih tidak stabil dan kasuistis belum dapat digeneralisasi," ujar dia.

Baca Juga: Ciputra (CTRA) & Pakuwon (PWON) tetap jadi pilihan di tengah tekanan sektor properti

Tak ayal, harga jual produk properti juga tidak mengalami peningkatan. Tulus menyebutkan dari 50 proyek untuk segmen menengah berada di kisaran Rp 1 miliar-Rp 2 miliar dan segmen menengah ke bawah di bawah Rp 1 miliar.

Survei harga properti residensial Bank Indonesia mengindikasikan berlanjutnya perlambatan kenaikan harga properti residensial di pasar primer. Hal tersebut tercermin dari kenaikan indeks harga properti residensial (IHPR) triwulan II-2020 sebesar 1,59% (yoy), lebih rendah dibandingkan 1,68% (yoy) pada triwulan sebelumnya.

Perkembangan ini disebabkan oleh kenaikan harga pada properti residensial tipe kecil. Perlambatan IHPR diprakirakan akan berlanjut pada triwulan III-2020 dengan pertumbuhan sebesar 1,19% (yoy).

Baca Juga: Kinerja Ciputra Tertekan Pandemi Corona, tapi Saham CTRA Masih Direkomendasikan Beli

Karenanya, CTRA lebih fokus pada peningkatan volume pada proyek eksistingnya dengan kluster baru. Berdasarkan catatan kontan.co.id, CTRA akan meluncurkan kluster Benoa dengan harga mulai Rp 188 juta pada Agustus ini.

Selanjutnya, perusahaan ini juga bakal meluncurkan kluster baru di CitraRaya Tangerang dan pengembangan kluster di Citra Sentul Raya. Hanya saja, pihaknya belum menjelaskan secara terperinci kapan peluncuran kedua kluster terbaru baru itu akan dilakukan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×