Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 menjadi katalis positif bagi penjualan sejumlah agen pemegang merek (APM). Hingga Sabtu (2/8), berbagai APM melaporkan progres pemesanan kendaraan yang solid, di tengah tantangan pasar otomotif domestik yang masih dalam fase konsolidasi.
Misalnya PT Toyota Astra Motor (TAM) yang mencatatkan angka SPK lebih dari 4.250 unit selama delapan hari pameran. Meskipun kompetisi kian ketat dan jumlah peserta bertambah dibanding tahun sebelumnya, Toyota menilai capaian ini menunjukkan loyalitas konsumen yang tetap kuat.
“Kami bersyukur, di tengah kondisi market yang menantang, masyarakat Indonesia masih mempercayai Toyota. Penjualan kami relatif stabil,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, Sabtu (3/8).
Dari total SPK tersebut, kendaraan elektrifikasi menyumbang 34%, naik 7% dibandingkan tahun lalu. Model Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi kontributor utama dengan porsi 25% terhadap total SPK. TAM juga mengenalkan dua model listrik terbaru yakni bZ4X rakitan lokal dan Urban Cruise EV selama GIIAS 2025 berlangsung.
Baca Juga: Gaikindo Catat Lonjakan Pengunjung dan Merek Baru Saat Gelaran GIIAS 2025
Sementara itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatat pencapaian 80% dari target SPK 3.300 unit. Model Mitsubishi Destinator melampaui ekspektasi dengan SPK menembus 1.000 unit atau lebih dari 100% dari target individu model tersebut.
“Pajero Sport dan Xpander juga menunjukkan performa positif. Kami optimistis target SPK 3.300 unit dapat tercapai hingga akhir pameran,” ujar Intan Vidiasari, General Manager Marketing Communication MMKSI.
Dari sisi pertumbuhan, Chery menjadi salah satu APM yang menunjukkan akselerasi signifikan. Hingga hari ke-9 pameran, Chery mencatat 1.405 SPK, dengan komposisi 42% berasal dari model CSH (Chery Smart Hybrid), 35% BEV, dan sisanya ICE. Target awal Chery sebesar 2.000 unit diyakini akan terlampaui.
“Tren SPK kami naik 69% dibandingkan hari ke-8 tahun lalu. Jika ritme ini bertahan, kami proyeksikan SPK bisa tembus 2.200 unit,” ujar Sales Director PT Chery Sales Indonesia, Budi Darmawan.
Baca Juga: Tercatat 54 Kendaraan Baru Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2025
Suzuki juga mencatat capaian positif berkat peluncuran model baru. Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Minoru Amano, mengungkapkan bahwa model Suzuki Fronx berhasil mencetak lebih dari 4.000 SPK selama pameran berlangsung.
“Fronx menjadi bukti bahwa pasar menyambut positif model dengan fitur keselamatan aktif seperti ADAS di segmen yang lebih luas,” ujarnya.
Di sisi merek baru, BYD melalui diler Haka Auto mencatat 1.022 SPK, dengan kontribusi terbesar berasal dari model BYD Atto 3 yang menyumbang 70% pemesanan, disusul oleh Seal, M6, dan Denza.
BAIC, pendatang baru asal Tiongkok, juga mulai menunjukkan potensi pasar. Diler BAIC Kelapa Gading melaporkan total 150 SPK, dengan permintaan tertinggi pada model BJ30 dan BJ40.
Selanjutnya: Andalkan Transformasi Digital, Prodia (PRDA) Pacu Kinerja di Semester II
Menarik Dibaca: Waspadai Anak yang Menggunakan Chatbot AI dan Teman Virtual di Era Digital
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News