Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu, PT Astra Daihatsu Motor memproyeksikan pangsa pasarnya di 2020 masih bisa bertahan di 17% atau sama dengan market share di 2019.
Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan, sepanjang 2019 pencapaian retail sales Daihatsu sebanyak 177.588 unit dengan pangsa pasar 17%.
"Sementara wholesales 177.284 unit dengan pangsa pasar 17,2% dan Daihatsu berhasil mempertahankan posisi nomor 2 di pasar otomotif selama 11 tahun berturut turut," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (17/1).
Adapun kalau melihat pencapaian sebelumnya, Daihatsu mampu meraup pangsa pasar 17,6% di 2018 lalu turun sedikit di 2019 menjadi 17%.
Baca Juga: Penjelasan Astra International (ASII) perihal penurunan penjualan mobil 2019
Amelia menjelaskan, Daihatsu telah menyiapkan sejumlah empat strategi marketing untuk menyiasatinya perlambatan penjualan kendaraan bermotor. Dari segi produk, Daihatsu terus mengembangkan dan melahirkan produk-produk yang sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar Indonesia.
Produk-produk Daihatsu, telah melalui berbagai testing di fasilitas R&D yang memiliki 24 contoh tipe jalan di Indonesia. Sementara brand lain membuat dan melakukan test produknya secara global.
Adapun secara berkala, Daihatsu terus melakukan pengembangan (refresh) produk sesuai dengan permintaan dan pada waktunya.