kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pasar tengah lesu, Canon turunkan target penjualan


Senin, 21 Oktober 2019 / 04:25 WIB

Pasar tengah lesu, Canon turunkan target penjualan

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perekonomian yang tengah lesu membuat PT Datascrip Indonesia memasang target yang konservatif tahun ini. Distributor tunggal kamera Canon itu akan membidik penjualan kamera digital di angka 120.000 unit.

" Angka tersebut lebih rendah sekitar 20% dibandingkan penjualan kami tahun lalu," ungkap Divison Manager PT Datascrip Sintra Wong ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (20/10).

Baca Juga: Canon membidik penjualan 120.000 unit kamera hingga akhir 2019

Ia menambahkan, perusahaan optimistis akan mencapai target yang dibidik, pasalnya angka tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi pasar yang sedang kurang baik.

Lesunya kondisi perekonomian turut memengaruhi penurunan permintaan pada pasar kamera digital. Penurunan penjualan dirasakan oleh berbagai kategori kamera. Sintra memperkirakan, pasar kamera digital tahun ini turun sekitar 25% dibandingkan tahun lalu.

Meski tengah lesu, Sintra melihat adanya potensi pasar yang bagus untuk kamera mirrorless jika didukung dengan perekonomian yang baik.

Sementara untuk kategori kamera compact dan DSLR, Sintra memperkirakan tidak akan bertumbuh lagi karena pasarnya sudah mulai mengecil. 

Baca Juga: Penjagaan ketat, Ketua MPR berharap pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin tanpa gangguan

Oleh karenanya, Canon kini mulai menitikberatkan fokusnya pada aspek riset dan pengembangan hingga pemasaran untuk kamera mirorrless. Adapun saat ini produk Canon menguasai 30% dari pasar kamera mirrorless di Indonesia.

Sekadar informasi, dari penjualan yang dibidik sepanjang tahun 2019, perusaaan menargetkan 40% dari penjualan dikontribusikan dari kamera mirrorless.


Reporter: Kenia Intan
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×