kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pebisnis wisata dan pusat belanja sambut positif pembatalan PPKM Level 3 Nataru


Selasa, 07 Desember 2021 / 20:00 WIB
Pebisnis wisata dan pusat belanja sambut positif pembatalan PPKM Level 3 Nataru
ILUSTRASI. Wisatawan mancanegara berfoto di destinasi wisata Pulau Padar Labuan Bajo Nusatenggara Timur, Kamis (29/8). Pebisnis wisata dan pusat belanja sambut positif pembatalan PPKM Level 3 Nataru.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) batal dilaksanakan secara serentak dan menyeluruh di Indonesia. Kebijakan pemerintah ini disambut baik oleh pelaku usaha dari sektor perjalanan wisata dan pusat belanja.

Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Bahriyansah Momod optimistis, kebijakan tersebut bisa mendongkrak kinerja industri pariwisata. Sebab, momentum libur nataru merupakan "masa panen" di samping saat masa Idul Fitri dan libur sekolah.

Bahriyansah mengungkapkan, dengan adanya pembatalan PPKM level 3 serentak itu, sudah ada beberapa permintaan wisata dari grup-grup kecil di sejumlah destinasi. Awalnya, timbul kekhawatiran untuk berwisata terkait syarat-syarat perjalanan selama masa PPKM Level 3.

"Kami bersyukur dan mengapresiasi pemerintah dengan keputusan membatalkan PPKM Level 3 pada periode Nataru. Ini sedikit memberikan semangat dalam pergerakan wisatawan periode tersebut," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (7/12).

Baca Juga: PPKM Level 3 serentak saat libur Nataru batal, okupansi hotel bisa menanjak

PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) juga menyambut baik kebijakan ini. Emiten yang juga dikenal dengan nama White Horse Group ini memperkirakan akan ada kenaikan permintaan penyewaan bus pariwisata.

Direktur Sales & Marketing White Horse Group, Tiodora Amran Bonardy menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program promosi, misalnya di lini usaha DayTrans dalam layanan paket hampers Natal dan Tahun Baru untuk teman dan keluarga.

Sedangkan di lini usaha Explorer.ID WEHA menyiapkan Flash Sale beberapa destinasi tujuan wisata open trip untuk perjalanan di Januari 2022. Tiodora memastikan WEHA tetap mengikuti aturan perjalanan dan protokol kesehatan yang akan diinstruksikan dalam InMendagri dan surat edaran Nataru lainnya.

"Kami masih menunggu surat keputusan resmi dari Pemerintah mengenai pembatalan PPKM ini. Pembatalan PPKM level 3 saat masa liburan Nataru atau pergantian tahun menumbuhkan rasa optimis untuk kami," kata Tiodora.

Baca Juga: PPKM level 3 serentak saat Nataru dibatalkan, syarat perjalanan tetap diperketat

Senada, pengusaha pusat belanja juga menyambut baik pembatalan PPKM Level 3 serentak pada masa libur Nataru. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyampaikan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mengalami tren kenaikan ketika pemerintah memberlakukan berbagai pelonggaran sejak awal Agustus 2021.

Jika tren tersebut berlanjut, diperkirakan rata-rata tingkat kunjungan sampai dengan akhir tahun 2021 nanti adalah sekitar 70%. Lebih tinggi dari rata-rata tingkat kunjungan pada tahun 2020 lalu yang hanya sekitar 50%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×