kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pekan ini, Kemhub resmikan Pelabuhan Sukadana


Jumat, 20 Mei 2016 / 21:29 WIB
Pekan ini, Kemhub resmikan Pelabuhan Sukadana

Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Kementerian Perhubungan segera meresmikan Pelabuhan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Rencananya peresmian ini akan dilakukan pada akhir pekan ini.

“Pelabuhan akan diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo pada Sabtu, 21 Mei 2016,” ujar Hemi Pamuraharjo, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/5).

Sebenarnya pelabuhan Sukadana sudah selesai dibangun pada tahun 2015 lalu. Pelabuhan tersebut menghabiskan dana APBN sekitar Rp 75,4 miliar. 

Ia memiliki dermaga berukuran 70x8 m2, trestle berukuran 366x6 m2, dan kedalaman kolam -5 mLWS yang bisa menampung kapal kargo berukuran 1.000 DWT. Kemudian pada sisi darat, memiliki terminal penumpang berukuran 15x7,5 m2, gedung perkantoran dan lapangan penumpukan seluas 1.815 m2.

Nuriman Setia, Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Kelas III Teluk Melano berharap dengan beroperasinya pelabuhan ini akan menjadi pintu masuk laut untuk daerah yang tidak memiliki pelabuhan seperti Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sintang. 

Apalagi Kabupaten Kayong Utara sendiri terkenal dengan komoditas unggulan seperti kelapa sawit, karet, kopi, kelapa, jagung, sapi, kambing dan kerbau.

"Saat ini sudah dioperasikan kapal perintis di Pelabuhan Sukadana untuk mendukung mobilitas antar pulau, satu minggu sekali", terangnya.




TERBARU

Close [X]
×