kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelanggan Telkomsel capai 139,3 juta


Kamis, 30 Oktober 2014 / 19:23 WIB
Pelanggan Telkomsel capai 139,3 juta
ILUSTRASI. Logo Geely


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Di akhir September 2014, Telkomsel mencatat memiliki 139,3 juta pelanggan. Pertumbuhannya dibandingkan kuartal III tahun 2013 (year on year) mencapai 8,9%.

Sebanyak 63,5 juta pelanggan adalah pelanggan data atau lebih dari 46% total pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35,4 juta pelanggan pengguna smartphone  yang merepresentasikan 25% dari total pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga menyatakan, tak hanya pelanggan yang bertumbuh, bisnis baik digital (mobile broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS juga bertumbuh. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55% dan net income margin di atas 28%.

"Hal ini menjadikan Telkomsel selama 3 tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri telekomunikasi yang telah mature," kata Alex dalam siaran resminya, Kamis (30/10).

Catatan yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar 32,5% yoy, dimana mobile broadband tumbuh 32,9% yoy dan digital services tumbuh 28,4% yoy. Trafik data juga naik tajam 146,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar 7,2% yoy dan SMS sebesar 2,8 yoy.

"Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia," kata Alex.

Dia menambahkan, Telkomsel kini telah menjangkau lebih dari 95% dari total populasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83.000 BTS dimana 37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G," ujar Alex.

Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk “Indonesia Genggam Internet”. Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.

Dalam menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat. Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Telkomsel pun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. 

"Telkomsel menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atau  GraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan  268 mobile GraPari yang siap menembus daerah pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008," terang Alex.

Selain pertumbuhan pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel juga mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional antara lain sebagai Indonesia Mobile Service Provider of the Year dari Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan Best Services dari Frost and Sullivan Asia Best Practives in Customer Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service dari Selular Award 2014.

Kinerja yang telah dicapai adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, social ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×