kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,68   4,22   0.46%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo III segera terapkan gate in online di pelabuhan Tanjung Perak


Kamis, 20 Juni 2019 / 18:37 WIB
Pelindo III segera terapkan gate in online di pelabuhan Tanjung Perak


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelindo III siap menerapkan fasilitas gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kapal penumpang dan ro-ro. 

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto menyampaikan fasilitas ini nantinya membuat penumpang kapal laut yang sudah check in dapat memindai boarding pass sebelum berjalan dari terminal untuk masuk ke dek kapal, sehingga terdata dengan jelas.

“Pelindo III sebagai operator Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) mengintegrasikan data penumpang dari enam operator kapal untuk penerapan fasilitas gate in online," katanya dalam siaran pers, Kamis (20/6).

Sehingga, data check in dan boarding ini dapat dimanfaatkan oleh Kantor Kesyahbandaran sebagai manifes penumpang kapal yang valid dan menjadi dasar penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar kapal dapat berangkat.

Ia menjelaskan, fasilitas ini sangat penting untuk menjamin faktor keselamatan berlayar kapal dan keamanan di gedung terminal penumpang. Dengan diterapkannya e-ticketing untuk penumpang kapal, maka area boarding dalam gedung terminal hanya akan diisi oleh penumpang kapal.

“Penerapan e-ticketing dan gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi langkah penting dalam transformasi digital layanan penumpang moda transportasi laut di Indonesia,” papar Putut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo menyampaikan agar Pelindo III dan para operator kapal melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama para calon penumpang kapal laut agar dapat memanfaatkan e-ticketing dan gate in online tersebut. 

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menuturkan Pelindo III sendiri memiliki kesiapan dari sisi infrastruktur fasilitas bangunan dan kemampuan teknologi informasi.

“Pelindo III berkomitmen mendukung langkah digitalisasi layanan yang didorong oleh Kemenhub dan siap membantu para operator kapal. Memang dengan digitalisasi akan mengubah sispro operasional dan proses bisnis. Namun tetap harus dipercepat karena meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×