kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Pelindo Multi Terminal (SPMT) Catat Bongkar Muat Barang Naik 1,37% per April 2024


Minggu, 02 Juni 2024 / 12:11 WIB
Pelindo Multi Terminal (SPMT) Catat Bongkar Muat Barang Naik 1,37% per April 2024
ILUSTRASI. Pelindo Multi Terminal (SPMT) mencatat realisasi bongkar muat barang hingga April 2024 mencapai 1.057.858 ton per M3.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, mencatat realisasi bongkar muat barang hingga April 2024 mencapai 1.057.858 ton per M3.

Volume tersebut 1,37% di atas target yang ditetapkan hingga April 2024 sebesar 1.043.585 ton per M3. Trafik bongkar muat general & bag cargo hingga April 2024 mencapai 377.326 ton per M3. 

Branch Manager SPMT Branch Makassar Chairil Anwar menyatakan bahwa realisasi bongkar muat curah cair hingga April 2024 sebesar 19.546 ton, tumbuh 10% dari realisasi periode yang sama tahun 2023 yang sebesar 17.761 ton.

Senada dengan bongkar muat curah kering, hingga April 2024 tumbuh 28%, dari 516.316 ton menjadi 660.986 ton.

Baca Juga: Ini Fokus Bisnis Pelindo Multi Terminal (SPMT) pada Tahun 2024

"Branch Makassar mencatat hingga April 2024 terjadi peningkatan produktivitas bongkar muat General Cargo dari sebelumnya 430 T/S/D (ton/ship/day) hingga April 2023, naik 43,92% menjadi 1.409 T/S/D secara year on year (yoy) hingga April 2024. Hal yang sama juga tercatat pada produktivitas curah kering yang meningkat 20% dari 2.972 T/S/D menjadi 3.566 T/S/D dan produktivitas bongkar muat curah cair meningkat 28,5% dari 1.101 T/S/D menjadi 1.445 T/S/D pada periode yang sama,” tutur Chairil, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan. 

Ia melanjutkan, proses operasional di SPMT Branch Makassar, mulai dari penimbangan truk kosong di Gate IN, melewati Gate Sederhana, pengisian muatan di area Dermaga 150, hingga penimbangan truk di Gate OUT SPTP, terpantau melalui CCTV yang telah dipasang di sepanjang area operasional.

Proses ini diperbarui secara real-time melalui aplikasi PTOS-M dan didukung oleh koordinasi antara petugas Gate dan petugas Dispatcher. 

Ia mengatakan langkah di atas merupakan bentuk komitmen kuat dalam meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa pelabuhan.

Sebagai bagian dari upaya ini, SPMT mengawal denyut nadi logistik operasional di pelabuhan nonpetikemas di Indonesia, termasuk di Branch Makassar mencatat kinerja positif hasil dari transformasi pelabuhan.

Chairil menjelaskan, SPMT Branch Makassar melakukan proses transformasi dan standarisasi operasional serta komersial yang mengacu pada enam pilar utama, yakni Proses Bisnis, SDM, Teknologi, Peralatan, Infrastruktur, dan HSSE. 

"Salah satu bukti nyata dari transformasi ini adalah implementasi sistem operasi pelabuhan nonpetikemas terintegrasi, PTOS-M (Pelindo Terminal Operating System Multipurpose), di Pelabuhan Makassar yang sudah diterapkan sejak Agustus 2023. Implementasi PTOS-M menunjukkan capaian kinerja yang positif signifikan selama kuartal pertama 2024," terang Chairil. 

Baca Juga: Pelindo Siap Dukung Percepatan Pengeluaran Petikemas Impor

Lebih lanjut Chairil memaparkan, transformasi melalui PTOS-M ini berdampak positif pada peningkatan produktivitas Ton/Ship/Day (T/S/D) serta penurunan port stay dan cargo stay yang signifikan di Pelabuhan Makassar.

Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami, tujuan pelaksanaan transformasi dan standarisasi operasional di lingkungan Branch Makassar sudah tercapai meliputi, peningkatan maturity level Branch Makassar, implementasi Terminal Operating System yang terintegrasi (digitalisasi), serta standarisasi operasional berbasis planning & control.

"Dengan transformasi dan standarisasi yang terus dilakukan, SPMT optimis dapat terus meningkatkan pelayanan dan kinerja operasional pelabuhan nonpetikemas di Indonesia, memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan sektor logistik nasional," pungkas Fiona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×