kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilik Japfa Handojo Santosa masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes


Sabtu, 12 Desember 2020 / 06:36 WIB
Pemilik Japfa Handojo Santosa masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dari daftar 50 orang terkaya Indonesia yang baru dirilis Forbes, pemilik mayoritas saham Japfa Ltd yang terdaftar di Singapura, Handojo Santosa (56) masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia. Japfa Ltd merupakan induk PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA).

Forbes memasukkan Handojo di urutan terkaya ke -38 dengan total kekayaan US$ 735 juta atau setara Rp 10,36 triliun (kurs Rp 14.100). Japfa merupakan perusahaan makanan, produk susuk dan makanan kemasan. Japfa menjual susu segara di Indonesia dengan merek Green fields.

Perusahaan ekuitas swasta KKR memiliki 10% saham di Japfa Comfeed. Pada Juli 2020, Japfa menjual 25% saham di unit produk susu Cina AustAsia Investments seharga US$ 254 juta kepada  perusahaan raksasa susu Meiji asal Jepang.

Forbes mencatat, ketika kasus Covid-19 di Indonesia melewati angka setengah juta,  Indonesia menjadi negara terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara  yang jumlah terkonfirmasi positifnya. Akibatnya Indonesia tergelincir ke dalam resesi pertamanya sejak krisis keuangan Asia 1997.

Baca Juga: Harta lebih dari setengah 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes turun

Perekonomian Indonesia berkontraksi masing-masing 5,3% dan 3,5% year on year (yoy) di kuartal kedua dan ketiga. Indeks saham acuan turun lebih dari 10% dalam 12 bulan terakhir. Akibatnya, lebih dari setengah dari 50 orang terkaya di Indonesia mengalami penurunan kekayaan dari tahun lalu.

Terlepas dari penurunan ini, kekayaan kolektif orang-orang super kaya di Indonesia hanya turun 1,2% dari daftar tahun lalu menjadi $ 133 miliar.

R. Budi dan Michael Hartono, yang termasuk orang terkaya yang mengalami peningkatan kekayaan, kini memiliki kekayaan US$ 38,8 miliar. Mereka tetap berada di urutan nomor satu terkaya di Indonesia.

Kemudian, keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas menambahkan kekayaan sebesar US$ 2,3 miliar dan mempertahankan status keluarga Wijaya sebagai orang terkaya kedua di negara Indonesia. Pasar petrokimia yang lemah memengaruhi kekayaan Prajogo Pangestu, yang merosot 21% membuat kekayaannya menjadi US$ 6 miliar, meskipun demikian, Prajogo tetap berada diurutan ketiga orang terkaya di Indonesia.

Pandemi, tantangan bagi banyak orang, memberikan dorongan bagi beberapa orang. Taipan media Eddy Kusnadi Sariaatmadja menambah pundi-pundi kekayaannya, yang ia miliki bersama keluarganya, melonjak hampir 80% menjadi US$ 1,4 miliar sebagian besar ditopang kenaikan harga saham perusahaannya.  

Baca Juga: Berusia 94 tahun, inilah Harjo Sutanto orang terkaya tertua di Indonesia 2020

Saham perusahaannya, Elang Mahkota Teknologi (Emtek), melonjak karena banyak rumah tangga di Indonesia lebih banyak menggunakan layanan e-commerce dan streaming.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×