kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) tumbuh 13,9% di kuartal I 2021


Selasa, 04 Mei 2021 / 11:18 WIB
Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) tumbuh 13,9% di kuartal I 2021
ILUSTRASI. Kantor PT Metrodata Electronics Tbk di APL Tower Jakarta.

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membukukan pendapatan Rp 3,9 triliun pada Kuartal I 2021. Pendapatan tersebut tumbuh 13,9% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 3,4 triliun. 

Presiden Direktur Metrodata Electronics, Susanto Djaja, mengatakan, peningkatan tersebut di picu oleh meningkatnya transformasi digital yang memacu permintaan produk dan solusi TIK di masa pemulihan ekonomi.

“Kami bersyukur dapat meraih pertumbuhan pendapatan double digit di tengah pandemi Covid-19. Meskipun masih terdapat hambatan dari sisi supply produk karena kelangkaan chip sebagai bahan baku beberapa produk TIK secara global,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (4/5). 

Selain itu, MTDL juga membukukan kenaikan laba bersih di Kuartal I-2021 sebesar Rp 27,3 miliar atau naik 29,0% YoY. Peningkatan kinerja MTDL itu terlihat dari pendapatan masing- masing unit bisnis MTDL. 

Baca Juga: Medco gaet Kansai Electric untuk membentuk aliansi unit bisnis kelistrikan

Misalnya, unit bisnis distribusi pada kuartal I 2021 mencatat  pertumbuhan pendapatan 14,3% year on year (yoy), sedangkan unit bisnis Solusi dan Konsultasi naik 11,7% yoy.

Menurut Randy Kartadinata, Direktur MTDL, pencapaian tersebut merupakan sinergi dari berbagai pihak seiring dengan perekonomian yang mulai pulih kembali. 

“Masing-masing unit bisnis MTDL turut memberikan kontribusi yang positif, seperti pemulihan di unit bisnis distribusi dengan meningkatnya penjualan smartphone sebesar 93% dibandingkan dengan kuartal I tahun sebelumnya,” katanya. 

Lebih lanjut, Randy juga bilang pada kuartal I 2021 pendapatan berulang (recurring revenue) di unit bisnis solusi dan konsultasi meraih pertumbuhan sebesar 22,6%. Adapun ia bilang saat ini kontribusi dari pendapatan berulang mencapai 40% dari total pendapatan unit bisnis tersebut. 

 

 

Sebagai informasi pada kuartal I 2021 posisi kas MTDL mencapai sebesar Rp 2 triliun dan pinjaman bank Rp 13,7 miliar.  “Hal seiring dengan pulihnya perekonomian, kami optimis prospek MTDL akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutupnya. 

Selanjutnya: Laba Metrodata Electronics (MTDL) masih tumbuh 2,2% kendati pendapatan turun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×