kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.200   59,26   0,83%
  • KOMPAS100 1.105   10,12   0,92%
  • LQ45 877   10,37   1,20%
  • ISSI 221   1,09   0,50%
  • IDX30 448   5,50   1,24%
  • IDXHIDIV20 539   4,27   0,80%
  • IDX80 127   1,28   1,02%
  • IDXV30 135   0,60   0,45%
  • IDXQ30 149   1,41   0,96%

Penipuan online marak, Bukalapak gandeng bank


Kamis, 15 Desember 2011 / 09:59 WIB
Penipuan online marak, Bukalapak gandeng bank
ILUSTRASI. Sedikit lebih mahal dari S2, ini harga sepeda balap Polygon Strattos S3


Reporter: Maria Rosita | Editor: Rizki Caturini

Maraknya penipuan lewat media belanja online (e-commerce) bukan cuma bikin konsumen gusar. Pelaku bisnis belanja tersebut juga ikut khawatir. Alasannya, akan memperlambat pertumbuhan bisnis e-commerce.

November lalu, PT Bukalapak.com mengadakan riset terhadap 1.000 responden. Hasilnya, 21% mengaku pernah menjadi korban penipuan online. Penipuan ini dilakukan dengan cara pesanan tidak diantar atau diantarkan tapi rusak, palsu, bahkan tidak sesuai dengan pesanan.

Sebagian besar penipuan ini terjadi setelah transaksi via Facebook 24%, pesan singkat (SMS) 14%, forum jual-beli 46%, dan website 16%. Produk yang dibeli kebanyakan iPad, BlackBerry, iPhone, dan laptop seharga Rp 1 juta-Rp 5 juta per unit. Bukalapak.com memprediksi korban penipuan online mencapai 8,8 juta orang dengan kerugian Rp 26 triliun per tahun.

Achmad Zaky, Direktur Bukalapak memandang, jika hal ini diabaikan, ke depannya tingkat penipuan online bisa tumbuh dua kali lipat. Demi mencegah penipuan online, tahun depan Bukalapak.com menyiapkan aplikasi rekening bersama dengan menggandeng Bank Mandiri, Bank Permata, dan Bank BCA.

"Kami investasikan Rp 500 juta - Rp 1 miliar untuk ini," ujar Zaky kepada KONTAN, Rabu (14/12). Selain itu perusahaan memperkenalkan situs Stoppenipuan.com akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×