CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Penjual online mobil bekas saling menyalip


Selasa, 21 Agustus 2018 / 13:36 WIB

Penjual online mobil bekas saling menyalip
ILUSTRASI. Penjulan mobil bekas bakal naik


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah semakin ketatnya persaingan marketplace mobil baru dan mobil bekas di Indonesia, platform online mobil bekas saling menyalip demi memaksimalkan penjualan. 

Salah satu pemain bisnis penjualan online mobil adalah Mobil123.com. Dalam menyiasati persaingan ini, Mobil123 bakal memperkuat inovasi baru pada platformnya.

Country Manager Mobil123, Regia Glamouria bilang, menghadapi para pesaing baru di Indonesia, pihaknya akan terus berinovasi dan melakukan aktivitas anyar agar bisa menjadi penyedia penghubung antara mitra diler dan konsumen. "Kami ingin menjadi rekan bisnis yang selalu membantu bisnis diler dan salah satunya membuat carnival," kata dia kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Pada bulan depan, Mobil123 berencana menggelar pameran Hot Deal Carnival yang akan diselenggarakan di Scientia Square Park, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Pameran tersebut akan menampilkan ratusan mobil bekas dari diler-diler terpercaya yang selama ini menjadi mitra Mobil123.

"Update terakhir sudah ada 30 mitra diler kami yang akan bergabung ikut pameran," ungkap Regia. Adapun tahun ini Mobil123 menargetkan bisa meningkatkan penjualan hingga 60.000 unit. Dalam sebulan, dia menargetkan bisa menjual sekitar 15.000 hingga 20.000 unit kendaraan.

Hot Deal Carnival didesain sebagai one-stop shopping mobil bekas, di mana para pengunjung bisa berekreasi bersama keluarga sambil memburu mobil bekas idaman. Para pengunjung dapat melakukan transaksi jual-beli mobil bekas.

Mobil123 merupakan anak usaha iCarAsia yang berbasis di Jakarta dengan tiga cabang, yakni di Surabaya, Yogyakarta dan Bandung. Regia menambahkan, ke depan pihaknya akan terus ekspansi ke daerah lain. Seperti Medan dan Makassar. Daerah itu dianggap memiliki peminat yang tinggi.

Pesaing Mobil123 adalah Mobil88. Pemain ini juga tengah menyiapkan sejumlah strategi. Chief Operation Officer (CEO) Mobil88, Halomoan Fischer Lumbantoruan, menjelaskan strategi platformnya adalah memberikan kepastian kualitas dan servis purna jual. Dengan strategi itu, ia optimistis penjualan mobil bisa meningkat hingga 15% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya terjual 20.000 unit.

Hingga semester pertama tahun ini, Halomon mengatakan ada peningkatan penjualan sampai 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Penjual online mobil bekas lainnya adalah BeliMobilGue.co.id. Platform ini baru saja menjalin kerjasama dengan OLX Indonesia. Ini merupakan salah satu strategi membawa calon pembeli yang potensial, dengan jasa inspeksi dan proses penjualan mobil yang aman dan cepat dalam hitungan satu jam.

CEO BeliMobilGue.co.id, Rolf X Monteiro, mengatakan bahwa kerjasama dengan OLX dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan bisnis startup yang memiliki ambisi memimpin pasar jasa jual-beli mobil ini.

"Proses menjual mobil di Indonesia lebih menantang dibandingkan Eropa. Pertumbuhan yang telah kami capai di sini, membuktikan pemilik mobil dan pembeli begitu antusias dengan servis yang kami tawarkan” pungkas dia.

CEO OLX Indonesia, Olaf van Schagen, mengatakan kerjasama dengan MobilGue.co.id akan semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di kategori mobil. "Sekaligus bisa memberikan nilai tambah bagi pengguna yang telah setia menggunakan layanan kami selama 13 tahun,” ungkap dia.

 


Reporter: Eldo Christoffel Rafael
Editor: Sanny Cicilia
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0102 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.1836

Close [X]
×