Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Musim belanja pada Natal dan libur akhir tahun belum berhembus segar pada PT Mitra Adhi Perkasa Tbk. Perusahaan ritel ini memperkirakan, penjualan di akhir tahun pasti meningkat, namun kenaikannya tak setinggi tahun lalu.
“Kalau tahun normal biasanya naik 10% sampai 15%. Tapi kelihatannya tahun ini lebih rendah,” Fetty Kwartati, Sekretaris Perusahaan PT Mitra Adhi Perkasa Tbk kepada KONTAN, Senin (13/12).
Industri ritel mengalami pelambatan akibat penurunan daya beli masyarakat. Tak terkecuali MAP yang mengelola toko Sogo, Seibu, hingga Foodhall ini.
Perusahaan berkode saham MAPI ini sudah meramal kondisi akhir tahun dari perolehan penjualan sembilan bulan pertama yang tak setinggi tahun-tahun sebelumnya.
Namun Fetty menyakini pencapainnya di kuartal IV masih bisa menjadi pemberi kontribusi terbesar bagi perusahaan. Apalagi selama ini kontrubusi Natal selalu lebih tinggi dari saat Lebaran.
Secara keseluruhan mulai Oktober sampai Desember, dia bilang, bisanya menyumbang 30% dari pemasukan akhir tahunnya.
“Pengaruh liburan Natal dan tahun baru biasanya baru terjadi pada minggu ketiga dan minggu keempat,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News