Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras merek ‘Topi Koki’, mencatat penjualan bersih sebesar Rp365,3 miliar pada kuartal I-2025.
Angka ini mengalami penurunan sebesar 27% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Direktur HOKI, Budiman Susilo, menjelaskan bahwa penurunan ini disebabkan oleh tingginya penjualan pada kuartal I-2024 yang terdorong oleh rendahnya stok beras saat itu.
Namun, secara kuartalan (quarter-on-quarter/QoQ), penjualan HOKI meningkat signifikan sebesar 56,3% dibandingkan kuartal sebelumnya.
Baca Juga: Mengais Cuan dari MBG, Buyung Poetra Sembada (HOKI) Andalkan Inovasi Beras Sehat
Pertumbuhan ini ditopang oleh pemulihan bisnis inti, yaitu penjualan beras melalui entitas utama PT Buyung Poetra Sembada (BPS) serta penjualan beras sehat melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN).
Produk beras sehat seperti Dailymeal dan Hokairi (beras Japonica) mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 321% yoy pada kuartal I-2025.
Budiman menyebut bahwa peningkatan permintaan ini sejalan dengan semakin luasnya penerimaan masyarakat terhadap produk beras sehat Dailymeal, seperti Nasi Jagung, Nasi Singkong, dan Beras Merah.
Produk-produk ini dinilai memiliki keunggulan berupa indeks glikemik rendah, tinggi serat, serta sesuai untuk pola makan sehat.
Baca Juga: Buyung Poetra Sembada (HOKI) Optimistis Pertumbuhan Penjualan 10% pada 2024
Dari segmen penjualan beras melalui BPS dan HDN, HOKI mencatatkan penjualan sebesar Rp391,4 miliar dengan kontribusi laba bersih sebesar Rp2,2 miliar pada kuartal I-2025. Selain itu, segmen penyewaan pembangkit listrik milik perusahaan turut menyumbang laba bersih sebesar Rp1,8 miliar.
Sebagai bagian dari transformasi jangka panjang menuju bisnis fast-moving consumer goods (FMCG), HOKI terus melakukan investasi strategis.
Salah satunya adalah pembangunan pabrik beras sehat Dailymeal di Jawa Tengah melalui anak usaha HDN, PT Koki Sehat Sejahtera (KSS), yang ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pada pertengahan 2025.
Manajemen HOKI tetap optimistis bahwa strategi diversifikasi produk dan ekspansi operasional akan memperkuat posisi pasar dan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal-kuartal berikutnya.
Baca Juga: Penjualan Buyung Poetra Sembada (HOKI) Naik 19,86% di Kuartal III-2024
“Pada awal 2025, kami juga telah meluncurkan Porang Cassava dengan harga kompetitif yang mendukung gaya hidup sehat. Ke depan, pengembangan produk beras sehat akan menjadi fokus utama perusahaan,” ujar Budiman.
Selanjutnya: Hari Buruh Internasional, Apindo Pesan 6 Hal Ini kepada Pemerintah
Menarik Dibaca: Ini Peluang dan Tantangan dari Indonesia yang Mendapat Pengenaan Tarif Resiprokal
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News