kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,03   -2,99   -0.33%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Daihatsu Xenia Naik Dua Kali Lipat pada November 2021


Jumat, 17 Desember 2021 / 08:49 WIB
Penjualan Daihatsu Xenia Naik Dua Kali Lipat pada November 2021
ILUSTRASI. Daihatsu All New Xenia pada pameran otomotif?GIIAS 2021.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga November 2021, total penjualan otomotif nasional mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya dengan catatan retail sales mencapai sekitar 761.000 unit dan wholesales sekitar 790.000 unit.

Penjualan Daihatsu juga mengalami peningkatan dengan catatan volume retail sales Daihatsu sebanyak 132.950 unit dengan market share 17,5%, serta whole sales sebanyak 149.113 unit dengan market share sebesar 18,9%.

Secara bulanan, total retail sales Daihatsu pada November 2021 juga mengalami kenaikan sebesar 4% menjadi 14.861 unit dibandingkan bulan Oktober 2021 sebanyak 14.301 unit. Capaian penjualan bulan November 2021 juga menjadi rekor penjualan Daihatsu tertinggi sepanjang tahun 2021. 

Secara persentase, kenaikan ini didominasi oleh tiga model Daihatsu secara berturut-turut. Mulai dari Xenia dengan raihan 1.555 unit atau naik sebesar 210% atau 2 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya, Terios 1.746 unit (123%), dan Rocky 1.080 unit (107%).

Sebagai penyumbang persentase pertumbuhan terbesar Daihatsu, penjualan Xenia didukung dengan komposisi Grand New Xenia sebanyak 1.087 unit (70%) dan All New Xenia 468 unit (30%).

Baca Juga: Pengamat Otomotif Menilai Sudah Seharusnya Mobil LCGC Dikenakan PPnBM

Adapun penjualan khusus model All New Xenia pada November 2021, Daihatsu mencatatkan pilihan mesin yang paling banyak dipesan oleh pelanggan memiliki komposisi 1.3L sebesar 73% dan 1.5L sejumlah 27%.

Dalam hal varian, terdapat 3 varian yang paling diminati pelanggan yang secara berturut-turut adalah 1.3R M/T sebesar 33%, disusul 1.3R CVT (25%), dan 1.5R CVT (13%).

Sedangkan untuk pilihan warna, tercatat 5 warna All New Xenia yang dipilih pelanggan mulai dari Purplish Silver sebanyak 46%, disusul Rock Grey Metallic (13%), Black Metallic (12%), White (11%), dan Greenish Gun Metal (9%).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (Al-DSO) bersukur atas capaian Xenia yang terjual dua kali lipat dari rata-rata per bulannya.

“Ini membuktikan bahwa Xenia terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, baik untuk All New Xenia maupun Xenia model sebelumnya,” ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (16/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×