Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Ford Motor Indonesia (FMI) mencatat penjualan fenomenal di tahun 2011 lalu. Penjualan produsen mobil asal Negara Paman Sam itu melonjak 94% menjadi 15.988 unit tahun 2011. Kontribusi kenaikan penjualan terbesar datang dari penjualan hatchback, Ford Fiesta
Bagus Susanto, Managing Director FMI mengungkapkan, popularitas mobil Ford terus menanjak sejak Ford terjun ke bisnis mobil berukuran kecil. "Tahun lalu merupakan tahun transformasi bagi Ford yang di motori kesuksesan penjualan Ford All-New Fiesta dengan penjualan terbanyak," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (17/1).
Dari seluruh penjualan FMI tahun lalu, hampir separuhnya disumbang oleh penjualan Ford All-New Ford Fiesta dengan total penjualan 7.500 unit. Ford All-New Fiesta, merupakan mobil berkapasitas mesin 1.600 cc yang menelan bahan bakar rata-rata satu liter untuk 23,19 kilometer (Km).
Menurut Bagus, All-New Ford Fiesta menjadi jawara mobil kecil Indonesia yang kompetitif dan hemat bahan bakar. Setelah Ford Fiesta, terdapat Ford Everest di segmen SUV 4x4 yang memberi kontribusi penjualan 28%, menjadi 1.639 unit. Sementara penjualan jenis sedan, Ford Focus hanya 127 unit.
Bagus menambahkan, tahun ini ia berharap bisa mencatat kenaikan penjualan hingga 94%, sebab akan adanya peluncuran mobil baru, yaitu All New Ford Ranger dan All New Ford Focus tahun ini. "Melalui peluncuran produk baru, kami yakin bahwa pertumbuhan Ford akan terus berjalan sesuai rencana," tegas Bagus.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News