kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Hino terdorong kenaikan harga komoditas


Kamis, 05 Oktober 2017 / 16:34 WIB
Penjualan Hino terdorong kenaikan harga komoditas


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga komoditas tambang yang terus naik mendongkrak pemesanan truk. Salah satunya pemain yang menikmati yakni merk Hino.

Dari data Gaikindo, penjualan pabrik ke diler (wholesales) Hino hingga Agustus 2017 sebanyak 17.967 unit. Perolehan ini lebih tinggi dibanding periode sama tahun sebelumnya 13.624 unit.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan & Promosi Hino Motor Sales Indonesia menjelaskan harga tambang yang terus naik mendongkrak penjualan truknya. Khususnya produk FM 260 JD terbanyak. "Terutama di daerah Kalimantan dan Sulawesi yang banyak," kata Santiko kepada Kontan.co.id Kamis (5/10).

Selain tambang menurutnya sektor konstruksi juga banyak peminat. Terutama dari daerah Jawa dan Sumatera. "Sebab banyak proyek jalan tol yang berjalan juga," tuturnya.

Dari segmen penjualan, segmen truk kelas ringan atau light duty truck (LDT) pangsa pasar Hino diklaim sampai pertengahan tahun mencapai 20%. Sedangkan untuk truk kelas menengah atau medium duty truck (MDT) sebesar 60%. "Targetnya tahun ini bisa LDT naik pangsa pasar menjadi 25% sedangkan MDT menjadi 65%," kata Santiko.

Di LDT Hino punya Hino Dutro yang baru diperkenalkan di GIIAS lalu. Hino New Dutro menggantikan generasi sebelumnya Hino Dutro yang merupakan tipe light duty truck atau kelas truk ringan. Sebelumnya Hino Dutro memiliki 12 model, kini generasi terbaru Hino New Dutro hadir dengan 16 model baru.

Tak lupa di segmen truk kelas berat atau heavy duty truck Hino terus diperkuat. Menurut Santiko, keperluan HDT banyak digunakan langsung di daerah tambang.

Catatan saja, beberapa saat lalu Hino meluncurkan varian terbaru dari Hino700 series yaitu Hino Profia ZY 8x4 dan Hino Profia ZS 6x4 dengan Automatic Transmission. Truk yang masuk kedalam segmen heavy duty truck ini diperuntukan sebagai kendaraan untuk beroperasi di medan off-road atau pertambangan.

Untuk itu peneterasi ke setiap daerah terus digencarkan. Apalagi Hino punya target menambah 7 diler baru tahun ini. "Kami sudah resmikan empat dealer rencananya sampai akhir tahun kami akan resmikan 7," katanya

Jaringan penjualan Hino hingga akhir fiskal year tahun 2016 terdapat 166 jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia, dan Hino terus berencana untuk memperluas jaringan penjualan, dan menargetkan hingga lebih dari 170 outlet di tahun 2017.

Selain jaringan penjualan Hino juga terus meningkatkan jaringan toko suku cadangnya, guna menjamin ketersedian suku cadang Hino dan mempermudah pelanggan untuk mendapatkannya, saat ini Hino memilki 2.873 toko suku cadang dan ditargetkan dapat tumbuh menjadi 3.073 toko suku cadang diakhir tahun 2017 nanti.

Dengan pertambahan jaringan penjualan dan purna jual tersebut HMSI mematok target dapat menjual 14.000 unit kendaraan dan menguasai 65% pangsa pasar untuk segmen medium duty truck. Serta light duty truck ditargetkan juga dapat terjual 14.000 unit atau menguasai 25% market share. Total di tahun 2017 HMSI memasang target 28.000 unit secara keseluruhan baik itu medium dan light duty truck.

Asal tahu, Hino memiliki pabrik dengan kapasitas produksi hingga 75.000 unit per tahu. Dimana sebanyak 167 lokal supplier ikut berkembang bersama Hino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×