kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Penjualan kondominium melandai


Rabu, 20 Juli 2016 / 21:46 WIB

Penjualan kondominium melandai


JAKARTA. Masih lesunya pasar properti sedikit banyak mempengaruhi kinerja pasar kondominium. Lembaga riset Jones Lang LaSalle mencatat adanya penurunan permintaan di sektor ini.

“Secara umum kondominium mengalami penurunan tingkat penjualan sebesar 2% dari 72% di triwulan I 2016 menjadi 70% di triwulan kedua tahun ini," kata Luke Rowe, Head of Residential Jones Lang LaSalle, Rabu (20/7).


Menurut Luke, penurunan penjualan terjadi karena permintaan yang cenderung stabil, namun terdapat penambahan jumlah pasokan. Permintaan untuk kondominium kelas menengah sejauh ini masih cukup baik dibandingkan kelas mewah, karena harganya yang lebih terjangkau.

Saat ini, lanjut Luke, pengembang lebih percaya diri dibandingkan dengan tiga bulan pertama tahun 2016. Ini terlihat dari banyaknya pasokan baru yang diluncurkan pada triwulan kedua.

Lagipula, menurut riset Jones Lang LaSalle, permintaan untuk pasar residensial  akan selalu ada karena dekat dengan kebutuhan primer. Saat ini, tren kondominium didominasi oleh pasar menengah dan menengah ke bawah dengan range harga Rp15-20 juta per meter persegi.


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor: Dupla Kartini
Video Pilihan


Close [X]
×