kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.288   90,00   0,59%
  • IDX 7.884   54,67   0,70%
  • KOMPAS100 1.202   6,66   0,56%
  • LQ45 977   6,97   0,72%
  • ISSI 228   0,08   0,04%
  • IDX30 498   3,09   0,62%
  • IDXHIDIV20 602   4,66   0,78%
  • IDX80 137   0,64   0,47%
  • IDXV30 140   -0,22   -0,16%
  • IDXQ30 167   1,12   0,68%

Penjualan Maxindo Tumbuh 26%


Rabu, 07 Agustus 2024 / 04:00 WIB
 Penjualan Maxindo Tumbuh 26%
ILUSTRASI. Makanan ringan produksi PT Maxindo Karya Anugerah Tbk (MAXI).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Maxindo Karya Anugerah Tbk (MAXI) menghadapi tantangan berat di tengah dinamika pasar global. Kendati begitu, perusahaan makanan ringan berbahan umbi-umbian mesih berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 58,9 miliar sepanjang semester I 2024 atau tumbuh 26,3% secara tahunan atau year on year (yoy).

Direktur Marketing Maxindo, Garrett Kartono mengugkapkan, pihaknya optimis bisa terus memacu penjualan tahun ini. Perusahaan merupakan eksporter utama makanan ringan (snack) ke berbagai negara.

Tahun ini, Maxindo menargetkan penjualan sebesar Rp120 miliar.  “Optimisme ini bukan tanpa dasar, mengingat tren positif yang ditunjukkan oleh performa penjualan perusahaan pada kuartal kedua tahun ini,” kata dia dalaï keterangan resminya, Selasa (6/8).

Baca Juga: Cukai Minuman Manis Bakal Kerek Biaya Produksi Industri Mamin

Selama ini, Maxindo dikenal luas sebagai perusahaan yang fokus pada pasar ekspor.  Strategi ini terbukti sukses dengan keaktifan perusahaan dalam berbagai pameran internasional dan terus melakukan eksplorasi ke negara – negara baru untuk mempromosikan produk-produk unggulan mereka ke pasar global.

Namun dalam perkembangan terbaru, perusahaan itu mulai melebarkan sayapnya ke pasar domestik karena potensinya dinilai uga besar. 

Untuk merealisasikan ambisi tersebut Maxindo telah mulai menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia. Selain itu, perusahaan juga aktif membangun hubungan dengan produsen-produsen makanan ringan lokal.

“Langkah ini tidak hanya memperluas jangkauan pasar, tetapi juga bertujuan untuk membangun ekosistem bisnis yang saling menguntungkan di industri makanan Indonesia,” kata Garrett Kartono.

Baca Juga: Maxindo Karya Anugerah (MAXI) Groundbreaking Pabrik ke-3 di KIK Kendal

Garrett mengungkapkan, salah satu faktor kunci dibalik kesuksesan Maxindo adalah komitmen terhadap inovasi berkelanjutan. "Perusahaan terus melakukan pengembangan inovasi dalam pembuatan produk baru." pungkasnya

Dia menambahkan, tim riset dan pengembangan PT Maxindo bekerja tanpa henti untuk menganalisis tren pasar, preferensi konsumen, dan perkembangan teknologi terbaru dalam industri makanan. “Hasil dari upaya ini adalah serangkaian produk inovatif yang tidak hanya memenuhi standar kualitas tertinggi, tetapi juga menawarkan pengalaman baru bagi konsumen,” tambahnya.

Sebagai bentuk komitmen untuk terus berkembang dan memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat, kini PT Maxindo sedang dalam proses pembangunan pabrik ketiga mereka di Kendal, Jawa Tengah. Proyek ambisius yang ditargetkan dapat beroperasi di tahun 2025 ini terus menunjukkan kemajuan signifikan dalam tahap pembangunannya. Saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 40℅.

“Dengan adanya fasilitas produksi tambahan ini, PT Maxindo akan memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar, memungkinkan perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, baik dari pasar ekspor maupun pasar domestik yang baru dimasuki,” ujar Garrett.

Selain peningkatan kapasitas, pabrik baru ini juga akan dilengkapi dengan teknologi produksi terkini, memastikan efisiensi dan kualitas produk yang lebih baik. Langkah ini dilakukan untuk mendorong Maxindo sebagai pemain kunci dalam industri makanan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Kombinasi antara fokus pada pasar ekspor, ekspansif di pasar domestik, inovasi produk berkelanjutan, dan peningkatan kapasitas produksi menciptakan fondasi yang kuat bagi pertumbuhan perusahaan di masa depan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×