Reporter: Aprillia Ika | Editor: Djumyati P.
JAKARTA. Pabrikan mobil asal Jerman, Mercedes Benz boleh berbangga hati. Lantaran sampai Januari 2009 lalu pabrikan mobil ini menempati posisi puncak penjualan mobil premium untuk pasar Indonesia.
Bulan Januari 2009 lalu, Mercedes Benz mampu menjual 135 unit Mercedes Benz kelas mobil passenger. Jumlah ini meningkat 12% dibanding penjualan bulan Januari 2008 lalu. Angka pencapaian ini bakal dipertahankan Mercedes Benz pada penjualan bulan Februari 2009 ini. Dengan angka penjualan tersebut, Mercedes Benz menorehkan pangsa pasar sebesar 75% di pasar mobil premium pada bulan Januari 2009.
Yuniadi Hartono, Deputy Director of Marketing Mercedes Benz Indonesia bilang, pihaknya di satu sisi ditekan untuk melakukan penghematan. Sementara di sisi lainnya harus terus menerus melakukan penetrasi pasar agar tidak ditinggalkan pelanggan. "Kita harus terus melakukan pemasaran secara efektif. karena pasar ini diperkirakan pulih pada semester kedua tahun 2009," ujar Yuniadi kepada KONTAN.
Beberapa strategi pemasaran yang digunakan Mercedes Benz antara lain dengan mengadakan pameran di beberapa mal terkemuka secara kontinu. Dus, memberikan test drive gratis kepada tiap calon konsumennya. "Kita terapkan strategi mendekati konsumen. Dan ternyata strategi tersebut terbukti sangat efektif," lanjut Yuniadi.
Lebih lanjut, Mercedes Benz berjanji bakal mengguyur pasar mobil premium dengan empat tipe terbarunya tahun 2009 ini. Yaitu CLC 200 kompresor, CLS 350, C63 AMG Estate, serta ML350 New Generation. "Kita berani meluncurkan empat tipe baru karena menurut kami, mood pasar perlu dijaga dalam kondisi seperti apa pun," tegas Yuniadi.
Mercedes Benz secara pintar menggandeng pabrikan pelumas asal Belanda, Shell untuk menyediakan pelumas Shell Helix Ultra AB 5W-30. Pembeli mobil Mercedes Benz dipastikan mendapat oli tersebut dan perawatan gratis selama tiga tahun lewat program ISP (Integrated Service Program).
Walaupun begitu, pabrikan ini mau tak mau harus menyesuaikan harga sedan kelas passenger-nya bulan Maret 2009 nanti. Di mana harga sedan bakal naik sampai 2,4% per unit. "Penyesuaian harga adalah efek dari nilai tukar rupiah yang mendekati angka Rp 12.000 per dolar. Angka penyesuaian ini pun masih di bawah angka inflasi," lanjut Yuniadi.
Yuniadi sendiri optimistis, pihaknya bakalan menembus angka penjualan sebesar 2.040 unit tahun 2009 ini. Atau menguasai 65% pangsa pasar mobil premium di Indonesia. Sementara tahun lalu, Mercy pihaknya sukses menjual 2.424 unit mobil.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News