Reporter: Agung Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil domestik di bulan pertama tahun 2020 belum memperlihatkan kenaikan yang signifikan. Maklum, permintaan di pasar masih belum ramai.
Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara umum volume penjualan domestik mobil di Januari tahun ini mencapai 79,983 unit atau turun 2,5% dibandingkan periode sama tahun lalu 81.988 unit.
Baca Juga: Pasar otomotif melamban, ada peluang di segmen LCGC
Meski turun, segmen mobil low cost green car (LCGC) masih memperlihatkan pertumbuhan meski tipis 0,5% dari 16.962 unit di Januari 2019 menjadi 17.056 unit di Januari 2020. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan pasar LCGC masih stabil.
Pangsa pasar mobil ini sekitar 21% dari total market mobil di Indonesia. "Karena konsumen first time buyer masih banyak. Yaitu mereka yang beralih dari kendaraan roda dua ke roda empat memilih mobil ini," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (28/2).
Yusak bilang, pasar kendaraan roda dua itu lebih dari 6 juta unit dan menjadi potensi pasar bagi LCGC. Di awal tahun ini, model mobil LCGC Honda Brio Satya masih mendominasi penjualan HPM sebanyak 4.348 unit.
Mobil LCGC milik Honda tersebut mengantongi pangsa pasar 25% dari total pasar LCGC pada Januari 2020 yang sebanyak 17.056 unit. Yusak bilang, perusahaan akan fokus untuk tetap mempertahankan pangsa pasar LCGCnya seperti periode sebelumnya
Penjualan HPM sendiri dapat tetap bertumbuh di Januari 2020 menjadi 12.777 unit. Jumlah tersebut naik dobel digit dibandingkan bulan yang sama tahun lalu 10.064 unit.
Sementara itu Daihatsu di segmen LCGC memiliki line up mobil Sigra dimana kontribusinya rata-rata setiap tahun mencapai 25% dari total volume penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM).
Baca Juga: Penjualan otomotif lesu di awal tahun 2020
Mengenai target penjualan, Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan pihaknya mempertahankan pangsa pasar seperti tahun lalu.
"Untuk LCGC setiap bulannya dipatok 4.000 unit," katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (28/2). Adapun Daihatsu ini di bulan Januari 2020 diketahui membukukan volume penjualan 14.173 unit atau turun 4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 14.769 unit.
Baca Juga: Grup Astra optimitis tetap kuasai pangsa pasar otomotif tahun ini
Perolehan tersebut membuat Daihatsu berada di posisi kedua setelah Toyota dengan perolehan pangsa pasar tertinggi. Di bulan Januari 2020, pimpinan pasar mobil domestik Toyota meraup pangsa pasar 30% yakni 24.151 unit.
Namun perolehan tersebut cenderung turun 3,7% dibandingkan periode yang sama bulan Januari 2019 lalu yang sebanyak 25.090 unit. Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor mengatakan. target agen pemegang merek (APM) tahun ini ialah terus berusaha mempertahankan perolehan pangsa pasarnya.
Mengenai LCGC, menurut Henry. segmen ini terkadang naik turun mengikuti tren di pasar. "Namun di tahun ini kami perkirakan masih tetap stabil," sebutnya kepada Kontan.co.id, Jumat (28/2).
Strategi APM ini untuk mempertahankan eksistensinya di pasaran mulai dari penyegaran produk hingga peningkatan layanan purnajual seperti perbaikan lewat bengkel Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Pelaku industri otomotif menunggu petunjuk teknis kendaraan listrik
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News