kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan pick up laris manis di bulan September tahun 2020


Rabu, 21 Oktober 2020 / 15:57 WIB
Penjualan pick up laris manis di bulan September tahun 2020
ILUSTRASI. Isuzu Panther Pick Up


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pasar mobil nasional masih melemah, namun tren segmen kendaraan niaga terlihat cukup meningkat khususnya di model pick up. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan ritel pick up di bulan September tercatat mencapai 8.485 unit.

Jika di akumulasi dari Januari hingga September 2020, total penjualan ritel pick up mencapai 62.593 unit. Jumlah tersebut memang masih lebih rendah dibandingkan perolehan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 97.021 unit. 

Baca Juga: Penjualan Honda tertolong oleh naiknya ekspor Brio ke Vietnam dan Filipina

Hanya saja penjualan di bulan September tersebut mampu tumbuh sekitar 24% dibandingkan bulan Agustus tahun yang sama sebelumnya 6.829 unit.

Puti Annisa, Marketing Communication Dept. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menilai tren permintaan pick up tersebut disokong oleh sektor industri logistik yang masih menggeliat di masa pandemi ini. 

"Salah satunya efek dari aktivitas penjualan e-commerce yang membutuhkan jasa kurir," terangnya kepada Kontan.co.id, Rabu (21/10).

Isuzu sendiri memiliki kodel Isuzu Traga yang mengisi model pick up nya, yang mana sampai September ini Puti mengklaim penjualan model tersebut tidak mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. 

Di bulan September penjualan wholesales Isuzu Traga mencapai 732 unit atau naik 12% dibandingkan bulan Agustus tahun yang sama 652 unit.

Total penjualan tersebut sampai dengan September tercatat sebanyak 4.557 unit. Tak hanya membidik kebutuhan kurir dan logistik saja, Isuzu Traga kata Puti juga mengandalkan pelanggan dari pelaku usaha pertanian dan perkebunan yang berada di rural area.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×