kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan pihak berelasi topang pertumbuhan bisnis Astra Otoparts (AUTO)


Kamis, 31 Oktober 2019 / 16:36 WIB
Penjualan pihak berelasi topang pertumbuhan bisnis Astra Otoparts (AUTO)
ILUSTRASI. PT Astra Otoparts Tbk AUTO --- Mekanik memeriksa?mesin mobil di outlet Shop&Drive Jakarta


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) masih memperoleh pertumbuhan bisnis sampai kuartal-III tahun ini salah satu pendorong utamanya ialah penjualan ke pihak berelasi, yakni perusahaan-perusahaan Grup Astra. Sebab penjualan ke pihak ketiga mengalami penurunan baik domestik maupun ekspor.

Tercatat, sampai kuartal-III 2019 penjualan pihak berelasi bertumbuh 8% menjadi Rp 4,29 triliun, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya Rp 3,97 triliun. Wanny Wijaya, Direktur AUTO mengatakan penjualan di sektor itu naik lantaran pihak berelasi menyerap banyak produk perusahaan.

Baca Juga: Pasar otomotif melemah, Astra Otoparts (AUTO) perkuat segmen after sales

"Karena kami support Astra Group, sehingga penjualan mereka juga ada impact ke penjualan Astra Otoparts," terangnya saat paparan publik perseroan berlangsung, Kamis (31/10).

Mengintip laporan keuangannya, di sembilan bulan pertama tahun ini porsi penjualan berelasi terbesar disumbangkan oleh PT Astra honda Motor (AHM) sebanyak 22,57% dari total revenue AUTO saat itu.

Nilai penjualan ke AHM mencapai Rp 2,62 triliun atau naik 7,8% year on year (yoy) dibandingkan kuartal-III tahun lalu. Begitu pula dengan penjualan ke PT Astra Daihatsu Motor sebanyak Rp 938,44 miliar sampai triwulan ketiga tahun ini atau tumbuh 5,9% dibandingkan triwulan ketiga tahun lalu Rp 885,74 miliar.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) bakal suplai kebutuhan komponen pabrik baru Hyundai

Mengenai porsi penjualan pihak berelasi bisa seberapa besar hingga akhir tahun, Wanny belum dapat memberikan detailnya. Mengingat porsi penjualan ke pihak ketiga masih mendominasi revenue sebanyak 64% di kuartal-III tahun ini.

Namun total penjualan pihak ketiga mengalami penurunan 2,6% yoy menjadi Rp 7,52 triliun di sembilan bulan pertama tahun ini. Penurunan terlihat jelas pada segmen lokal dari Rp 6,65 triliun di kuartal-III tahun kemarin menjadi Rp 6,46 triliun di kuartal-III tahun ini.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) kantongi pendapatan Rp 11,62 triliun pada Kuartal 3 2019

Soal target sampai akhir tahun, Wanny bilang perusahaan optimistis dapat tumbuh diatas rata-rata industri. Adapun dalam catatan Kontan.co.id, manajemen sempat memperkirakan industri komponen secara umum di tahun ini bisnisnya bergerak stagnan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×