kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan retail dan wholesales Daihatsu kompak naik di awal semester kedua


Selasa, 11 Agustus 2020 / 23:03 WIB
Penjualan retail dan wholesales Daihatsu kompak naik di awal semester kedua
ILUSTRASI. Penjualan retail Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan mobil Daihatsu melaju di awal semester kedua tahun ini. Penjualan ritel mobil Daihatsu pada bulan Juli 2020 di Indonesia mencapai 5.890 unit, atau naik 6% dibanding realisasi Juni 2020 lalu yang sebesar 5.558 unit. 

Kenaikan tidak terjadi pada sisi penjualan ritel semata. Pasalnya, penjualan mobil Daihatsu dari pabrikan ke diler (wholesales) juga melesat secara bulanan atau month-on-month (mom) hingga hampir lima kali lipat dari semula 331 unit pada Juni 2020 menjadi 1.553 unit pada Juli 2020. 

Secara kumulatif hingga Juli 2020, penjualan retail Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit, berkontribusi sebesar 28,0%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 12.651 unit (21,3%), dan Terios 8.938 unit (15,0%).

Pada saat yang sama, pangsa pasar Daihatsu di pasar nasional ikut meningkat secara secara tahunan selama Januari-Juli 2020. Tercatat, pada periode tersebut, market share Daihatsu pada sisi ritel naik 1% menjadi 18,2%. Pangsa pasar Daihatsu meningkat 0,4% menjadi 17,9% dibanding periode sama tahun lalu.

Baca Juga: Diskon harga mobil baru Rush & Fortuner Agustus tembus Rp 30 juta, cek syaratnya

Kenaikan penjualan Daihatsu didapat ketika pasar otomotif mulai kembali bergeliat. Secara nasional, capaian wholesales ada di kisaran 25 ribu unit atau naik 2 kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada penjualan retail, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19% dibanding Juni 2020.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra berharap, tren positif perbaikan pasar otomotif bisa terus berlanjut bersamaan dengan kenaikan daya beli masyarakat. “Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu,” kata Amelia dalam siaran pers, Selasa (11/8).

Baca Juga: Gelar Virtual Daihatsu Festival, Daihatsu kantongi pesanan 554 unit dalam 1 jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×