kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan sepeda motor membaik di Juli


Selasa, 15 Agustus 2017 / 10:26 WIB
Penjualan sepeda motor membaik di Juli


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Penjualan sepeda motor domestik mengalami pertumbuhan di bulan Juni ke Juli. Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Juli sebesar 538.176 unit atau tumbuh 41,8% dibandingkan bukan Juni sebesar 379.467 unit.

Sementara jika dibandingkan lebih panjang, per semester I-2017 naik tipis dibandingkan semester I-2016. Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan penjualan nasional sudah ada perbaikan di Juli.

Kondisi penjualan itu karena hari kerja yang lebih banyak ketimbang bulan Juni, yang terpotong libur Lebaran. "Kondisi penjualan masih seperti roller coaster kalau ini baik terus berarti sektor riil ada perbaikan," kata Sigit di Jakarta, Senin (14/8).

Asal tahu saja, AISI sebelumnya merevisi target penjualan motor nasional dari 6,2 juta unit menjadi 5,9 juta unit. Lalu direvisi lagi menjadi 5,75 juta . AISI akan memantau hasil penjualan yang positif itu sampai September.

Bila terus membaik artinya ada tanda perbaikan yang berkelanjutan dan bukan karena momentum. Apalagi Sigit menilai, konsumsi masyarakat menengah ke bawah hanya tumbuh tipis di kuartal I-2017. Menurut dia, masyarakat terdesak karena pemangkasan subsidi listrik.

Melihat kondisi tersebut, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan Honda menyesuaikan kondisi pasar. Tahun 2016, AHM berhasil menjual sebanyak 4,4 juta unit. Tadinya target penjualan bisa tumbuh menjadi 4,5 juta sampai 4,6 juta unit. "Kami menargetkan bisa lebih dari 4,4 juta unit," kata Thomas, Senin (14/8).

Thomas mengaku, backbone penjualan 82% dari skutik. Sedangkan sisanya berbagi seimbang dari motor sport dan motor bebek. Menurutnya penjualan bulan Juli meningkat karena banyak dana masuk dari para TKI pulang ke Indonesia.

Lalu dana pembelian dari Tunjangan Hari Raya (THR) serta gaji PNS ke-13. "Hasil penjualan kemarin masih kita pantau, semoga ini berlanjut" kata Thomas. Diharapkan harga komoditas sawit dan tambang dapat stabil sehingga mendongkrak penjualan.

Yohan Yahya, General Marketing and Sales 2 Wheels PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, penjualan Suzuki masih terjadi tren kenaikan. "Kami masih mengamati kondisinya sampai dengan akhir triwulan ketiga mendatang, baru Kita tentukan langkah selanjutnya," kata Yohan Yahya saat dihubungi KONTAN, Senin (14/8).

Tahun lalu penjualan Suzuki sebanyak 85.308 unit. Tahun ini, Suzuki Indomobil Sales mematok target penjualan sekitar 110.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×