kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor sepeda motor semakin kencang


Senin, 17 Juli 2017 / 06:50 WIB
Ekspor sepeda motor semakin kencang


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Penjualan sepeda motor di dalam negeri saat ini tengah melandai. Namun, ekspor justru menggeliat.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), semester I-2017,  ekspor sepeda motor mencapai 185.000 unit atau naik 28% ketimbang periode yang sama 2016 sebanyak 143.992 unit.

Kenaikan penjualan di paruh pertama 2017 membuat AISI optimistis ekspor sepeda motor bisa melampaui target 10% tahun ini. "Kami berharap bisa tumbuh lebih dari 10%," kata Ketua Bidang Komersial Aisi Sigit Kumala, (16/7).

Sigit menyebut ada tambahan permintaan atawa repeat order dari negara-negara tujuan ekspor. Terutama pada jenis motor yang di Indonesia masuk kategori premium semisal motor sport dan skuter.

Produsen motor pun terus berbenah agar permintaan di pasar ekspor ini tidak surut. "Ke depan tantangan ekspor berasal dari produk kompetitif, artinya harga harus bersaing," kata Sigit.

Salah satu pabrikan yang menuai berkah penjualan ekspor ini adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sepanjang semester I-2017 lalu, sekitar 56% dari total ekspor sepeda motor berasal dari penjualan motor hasil produksi Yamaha.

Menurut General Manager Aftersales & Public Relations YIMM M. Abidin, ekspor sepeda motor Yamaha didominasi oleh varian skuter. Saat ini ekspor motor Yamaha asal Indonesia menjangkau 14 negara, mulai dari kawasan Asia hingga Eropa.

Manajemen Yamaha pun optimistis , ekspor menjadi peluang penting bagi tumbuh di bisnis sepeda motor. "Di saat pasar domestik melemah, dengan pasar ekspor ini kami bisa menggunakan kapasitas produksi yang ada," kata Abidin, Minggu (16/7)

Namun sayang, Abidin masih membeberkan lebih lanjut target ekspor sepeda motor YIMM di tahun ini. Salah satu produk sepeda motor Yamaha yang potensial untuk di pasarkan dengan tujuan ekspor itu adalah seri N-MAX. "Kami menargetkan ekspor untuk seri N-MAX 150 tahun ini 25.000 unit," ujar Abidin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×