kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani naik 25% saat Lebaran


Jumat, 22 Juni 2018 / 16:48 WIB
Jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani naik 25% saat Lebaran
ILUSTRASI. BANDARA AHMAD YANI SEMARANG


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keputusan Pemerintah untuk mengoperasikan segera terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang sebelum Lebaran terbukti merupakan keputusan yang sangat tepat. Pasalnya, jumlah penumpang pesawat di bandara ini selama Lebaran (mudik dan balik) hingga hari ini rata-rata mencapai 25% dibanding tahun lalu. Tingkat kenaikan tersebut melebihi rata-rata jumlah kenaikan penumpang selama Lebaran 2018 yang rata-rata 10%.

'Kami selaku regulator penerbangan sangat bersyukur terminal baru ini bisa beroperasi selama Lebaran. Bayangkan saja kalau masih pakai terminal lama, tentu akan sangat crowded dan tingkat keselamatan, keamanan dan kenyamanan akan sangat rendah. Dengan terminal baru ini, walaupun penumpang meningkat pesat namun masih lancar," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Jumat (22/6).

Agus memaparkan, rata-rata di Bandara Ahmad Yani sehari saat puncak arus balik Lebaran ini melayani 19.500 penumpang dan 150 pergerakan pesawat dalam sehari. Jumlah ini naik bila dibandingkan Lebaran tahun lalu di mana rata-rata tiap hari ada 105 pergerakan pesawat.

"Jadi dengan perbaikan infrastruktur penerbangan, dampaknya cukup signifikan yaitu di antaranya adalah naiknya jumlah penumpang. Selain itu nantinya juga diharapkan pembangunan infrastruktur penerbangan menjadi inti pertumbuhan ekonomi." kata Agus.

Terkait dengan hal tersebut, selaku otoritas penerbangan nasional, Agus juga mendorong masyarakat baik itu BUMN maupun swasta untuk ikut membangun infrastuktur penerbangan di seluruh Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi bisa terjadi di segenap pelosok tanah air.

Pada kesempatan tersebut, dengan kenaikan jumlah penumpang di bandara Ahmad Yani, Agus juga meninjau sisi keamanan bandara. Menurutnya, keamanan di bandara ini juga sudah aman dan terkendali.

"Di Semarang ini, sudah diintensifkan petugas keamanannya berlipat ganda. Baik itu petugas yang kelihatan juga yang tidak kelihatan atau menyamar. Hal ini untuk memberikan keamanan dan kenyaman penumpang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×