kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,86   -7,49   -0.80%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyandang Disabilitas Didorong Masuk Industri Kreatif


Kamis, 22 Desember 2022 / 12:42 WIB
Penyandang Disabilitas Didorong Masuk Industri Kreatif
ILUSTRASI. Dok. Rilis Kemenkop UKM --Kemenkop UKM Dorong UKM Disabilitas Naik Kelas


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bekerjasama dengan Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia (PTI), SMESCO Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) mendukung para penyandang disabilitas untuk mengambil peluang dari industri kreatif.

Dukungan diberikan dengan menggelar program tahunan untuk disabilitas bertajuk Karya Tanpa Batas. Ajang ini diharapkan menjadi Gerakan Nasional pengembangan kewirausahaan penyandang disabilitas menuju kemandirian ekonomi.

Industri kreatif merupakan salah satu sektor yang diharapkan mampu menjadi kekuatan baru ekonomi nasional yang berkelanjutan dan menekankan pada penambahan nilai barang lewat pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

Baca Juga: UNIQLO Rangkul Karyawan Disabilitas lewat Seni di People with Disability Gathering

Ajang ini sekaligus merupakan bentuk apresiasi talenta dan prestasi penyandang disabilitas pada bidang seni, teknologi (digitalisasi), budaya. Gerakan ini untuk memperkenalkan dan mengkonsolidasi berbagai program baik dari kalangan pemerintah maupun swasta bagi kesetaraan para penyandang disabilitas.

Suzana Teten Masduki, pengurus OASE-KIM menyatakan kolaborasi antarkementerian serta kerja sama antara pemerintah dan swasta merupakan kunci dari keberhasilan untuk membangun supporting system bagi penyandang disabilitas.

“Agar nantinya mereka dapat berpartisipasi aktif dalam perekonomian negara, yang pada gilirannya akan menjadi sebuah Gerakan menuju ekonomi baru yang mandiri dan inklusif,” ujar Suzana dalam keterangan resminya, Kamis (22/12).

Ketua Umum Yayasan PTI Myra Winarko mengungkapkan, upaya memajukan kaum disabilitas bukanlah pekerjaan yang sederhana, dan tidak bisa sepenuhnya diserahkan pada pemerintah.

Ia bilang, pihaknya selalu melibatkan berbagai perusahaan yang kontributif dan memiliki pandangan yang sama. PTI saat ini telah bekerjasama dengan 55 perusahaan, baik jasa maupun produksi.

"Kami percaya perusahaan-perusahaan ini akan terus mendukung Gerakan ini menjadi support system dalam mendukung penyandang disabilitas dalam 2 output, yaitu sebagai wirausaha yang mandiri dan sebagai pekerja professional," ujarnya.

Dalam ajang Karya Tanpa Batas 2022, digelar sejumlah kegiatan, misalnya Lomba Gambar Nasional, yang diikuti oleh 193 artis penyandang disabilitas, dari sekitar 65 kabupaten/kota, 15 provinsi di Indonesia.

Dari hasil lomba gambar ini akan dipilih 30 gambar hasil kurasi, yang akan mendapatkan kontrak royalty oleh Yayasan PTI dan Koperasi Disabilitas sebagai desain dasar produk-produk industri kreatif dan merchandising.

Di dalam kontrak royalty tersebut, artis penyandang disabilitas akan mendapatkan royalti sebesar 20% dari setiap produk yang terjual. Setidaknya, sudah 8 UKM yang terlibat dalam produksi barang-barang merchandise dengan desain dari para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Produk UKM di e-Katalog 916.392, MenkopUKM Optimistis Capai Target 1 Juta Produk

Selain itu digelar Workshop Make Up Artist dan kuliner yang diikuti penyandang tuli, serta Workshop Tarian Kontemporer, Workshop Macrame atau seni, Workshop Fashion, Workshop penguasaan teknik-teknik komputasi dan aplikasi Microsoft, dan Workshop Penggunaan Tokopedia untuk digitalisasi marketing UKM.

Tak ketinggalan, pameran dan bazaar produk-produk UKM Penyandang Disabilitas, yang diikuti oleh 45 perusahaan penyandang disabilitas, termasuk produk-produk dari Sekolah Luar Biasa, yang diselenggarakan di Exhibition Hall Smesco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×