kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.901.000   -7.000   -0,37%
  • USD/IDR 16.255   69,00   0,43%
  • IDX 6.901   35,74   0,52%
  • KOMPAS100 1.004   4,88   0,49%
  • LQ45 768   3,99   0,52%
  • ISSI 227   1,02   0,45%
  • IDX30 396   2,65   0,67%
  • IDXHIDIV20 457   1,32   0,29%
  • IDX80 113   0,52   0,46%
  • IDXV30 114   -0,13   -0,12%
  • IDXQ30 128   0,82   0,64%

Perbaiki Model Bisnis, Lawson Fokus di Minuman dan Makanan Siap Saji


Senin, 07 Juli 2025 / 12:58 WIB
Perbaiki Model Bisnis, Lawson Fokus di Minuman dan Makanan Siap Saji
ILUSTRASI. Gerai terbaru Lawson resmi dibuka di Rumah Sakit PHC, Surabaya.


Reporter: Ahmad Febrian, Nina Dwiantika, Rashif Usman | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  April 2025 lalu, Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) membeli saham Lawson dari saudaranya Midi Utama (MIDI).  MIDI menjual 1,48 miliar ke AMRT atau mewakili 70% dari saham yang ditempatkan dan disetor MIDI pada Lawson.

Adapun harga pelaksanaan Rp 135 per saham setara dengan Rp 200,45 milair dari seluruh modal ditempatkan dan disetor di Lawson.

Presiden Direktur Sumber Alfaria Trijaya, Anggara Hans Prawira mengatakan, pihaknya akan lebih selektif dalam mengembangkan bisnis Lawson. Kususnya untuk pemilihan lokasi dan produk-produk yang di jual. sSlama ini kinerja Lawson terus merosot karena pemilihan lokasi yang tidak tepat.

Sepanjang tahun 2024 lalu,i Lawson menutup gerai sebanyak 335 unit, dari 709 gerai di Januari 2024 menjadi 374 gerai di Desember 2024. Penutupan terus terjadi di kuartal pertama tahun 2025 ini. Total sudah 11 toko tutup. Sehingga total gerai yang beredar mengerucut menjadi 363 gerai per Maret 2025.

“Tahun 2025 ini, kami akan fokus pada perbaikan bisnis Lawson dengan memanfaatkan gerai-gerai yang sudah ada,” kata Hans..

Baca Juga: Sumber Alfaria (AMRT) Caplok Saham Lawson dari MIDI, Cek Rekomendasi Sahamnya

Salah satu usaha Sumber Alfaria untuk menyehatkan kinerja Lawson adalah dengan memperbaiki model bisnis. Karakter toko convenience store ini lebih mengutamakan produk ready to eat dan ready to drink. Bukan barang belanjaan yang dibawa pulang seperti di toko Alfamart atau Alfamidi.

Terkait perbaikan model bisnis tersebut,  memasuki usia ke-14 di Indonesia, Lawson semakin rajin memperkenalkan produk makanan dan minuman, Akhir pekan lalu, Lawson  memperkenalkan menu kopi terbaru, yakni coconut latte series.

Hadirnya produk ini di tengah tren kopi plant-based dan alternatif non-dairy yang kini semakin diminati masyarakat urban. 
"Lawson ingin relevan dengan kebutuhan pelanggan. Kami menggunakan bahan baku terbaik untuk menciptakan minuman kopi  berkualitas," kata Firly Firlandi, Corporate Communication Manager Lawson Indonesia, dalam rilis ke Kontan.co.id, Senin (7/7). 

Sebelumnya, sebagai bagian dari rangkaian edukasi kopi, Lawson menggelar cupping session dan Eksplorasi Kopi, sebagai bentuk dukungan nyata terhadap perkembangan industri kopi lokal.
.

Selanjutnya: FKBI Minta Pemerintah Audit BPJS Kesehatan dan Kendalikan PTM Sebelum Naikkan Iuran

Menarik Dibaca: Simak Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Besok Selasa, 8 Juli 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×