kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,45   5,85   0.59%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhutani akan memperbesar porsi pendapatan dari segmen bisnis wisata


Selasa, 09 Juli 2019 / 15:29 WIB
Perhutani akan memperbesar porsi pendapatan dari segmen bisnis wisata


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perum Perhutani terus memacu bisnisnya, selain melakukan diversifikasi bisnis ke bio massa perusahaan juga melakukan penguatan bisnis yang sudah ada. Perhutani bakal memperbesar porsi pendapatan dari segmen bisnis wisata yang potensinya cukup baik ke depannya.

Denaldy Mulino Mauna, Direktur Utama Perum Perhutani menjelaskan saat ini gondorukem-terpentin dan kayu jati masih mendominasi pendapatan perusahaan. Pendapatan dari gondorukem-terpentin mencapai 49% dan kayu jati sebesar 39% dari total pendapatan tahun lalu Rp 4,38 triliun.

Baca Juga: Banyak sengketa, presiden gelar ratas pemanfaatan kawasan hutan

"Memang kontribusi ecopark masih kecil, ketika saya masuk baru 2%-3%, lalu kami lakukan rebranding itu namanya canopy ada assesment dan standarisasi ini (kontribusinya) terus meningkat," ujarnya di Jakarta, Selasa (9/7).

Asal tahu saja, Perhutani mengelola banyak destinasi wisata berbasis alam baik pantai maupun pegunungan. Sampai dengan tahun lalu, tercatat sebanyak 641 destinasi wisata yang dikelola Perhutani baik bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Pemda maupun investor.

Diantara objek wisata yang dikelola Perhutani adalah Pantai Mengganti, Pantai Tiga Warna, Pantai Papuma, Pantai Pulo Merah, Kawah Putih, Gungung Prau, Gunung Galunggung, Sikadang Crater, Curug Pelangi, Curug Cilember, Coban Randu dan Gunung Slamet.

Baca Juga: Ditemukan ganja di kawasan hutannya, begini langkah yang diambil Perhutani

Untuk memperbesar segmen wisata, manajemen berencana untuk membangun Eco-Theme Park kelas dunia yang terdiri dari theme park, safari park, adventure park dan water park. Saat ini, rencana tersebut masih terus dimatangkan dengan berkoordinasi dengan kementerian terkait.

"Lokasinya sekitar Jawa Barat, kami tahun lalu sudah susun pre feasibility study (FS), itu lokasinya bagus karena (antara) Jakarta dan Jawa Barat, itu populasinya yang paling banyak. Perkiraan investasinya miliaran dolar, nanti akan pakai lahan perhutani," lanjutnya.

Namun saat ini prosesnya masih tahap awal, perusahaan masih menyusun rencana dan berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, KLHK dan Pariwisata untuk bisa merealisasikan hal tersebut. Termasuk menggandeng partner strategis untuk menggarap rencana tersebut.

Baca Juga: Glamping De’Loano menawarkan wisata nomadic di dekat Borobudur

"Kami lagi muter beberapa kementerian untuk menentukan desain dan lainnya, itu masih dalam proses. Tahun ini prosesnya mungkin masih pada aspek feasibility study," lanjutnya.

Nantinya, Eco-Theme Park kelas dunia itu juga bakal menggunakan energi terbarukan untuk energi listriknya. Mulai dari penggunaan bio massa, solar panel maupun micro hydro melalui aliran sungai.

Kendati tak merinci kapan proyek tersebut akan terealisasi, namun nantinya proyek anyar tersebut akan berkontribusi cukup baik terhadap bisnis wisata Perhutani.

Baca Juga: Petani Jabar mengaku merasakan dampak baik program perhutanan sosial era Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×