kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perindo fokus perkuat ekspor perikanan ke Jepang dan AS


Jumat, 22 Februari 2019 / 17:07 WIB
Perindo fokus perkuat ekspor perikanan ke Jepang dan AS


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perum Perikanan Indonesia (Perindo) tengah fokus menggarap pasar ekspor di kuartal pertama 2019 ini. Kali ini tujuan ekspor utama yakni Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Untuk itu, Perindo menggaet perusahaan asal Osaka, Jepang yakni Alpha Marine Japindo Co. Ltd. Keduanya sepakat menjalin kerja sama jual beli ikan berjenis tuna segar loin skinless sebesar 210 ton dengan valuasi US$ 3,12 juta.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda menyatakan kerjasama dengan Alpha Marine Japindo Co. Ltd akan memperkuat posisi Perindo di pasar Jepang. Pasalnya Perindo juga telah lebih dulu menyuplai ikan ke perusahaan di Tokyo yakni Musashi Industry Co. Ltd.

“Suplai ke perusahaan di Tokyo berjalan awal tahun ini dan sekarang kami juga suplai ke perusahaan di Osaka. Secara bisnis, ini tentu menambah revenue dan margin Perindo,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (22/2).

Dengan memasok ikan untuk kebutuhan ekspor, lanjut dia, peran Perum Perindo ke nelayan juga otomatis meningkat. Pasalnya, ikan tuna yang dijual ke Osaka dibeli dari nelayan di Ternate, Ambon, Bitung, dan wilayah-wilayah lain di Indonesia timur.

Risyanto optimistis mampu memenuhi permintaan dari Alpha Marine Japindo Co.Ltd. Dia berharap volume ekspor ke buyer luar negeri dapat ditingkatkan lebih banyak lagi.

Selain Alpha Marine Japindo Co. Ltd, Perum Perindo juga memasok ikan ke perusahaan asal Tokyo, Musashi Industry Co. Ltd. Realisasi ekspor ke Musashi Industry dilakukan pada awal 2019. Musashi Industry meminta jenis ikan tuna loin skinless beku bervolume 600 ton dengan nilai 3,3 juta dolar AS.

Pada awal februari lalu, Representative Director Musashi Industry menyambangi Indonesia untuk melihat langsung sentra-sentra ikan Perum Perindo di Sulawesi. Tujuannya, untuk memastikan ikan yang akan diekspor ke perusahaannya dalam kondisi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×